Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sinyal Ekonomi Membaik, Kinerja Penjualan Eceran Tumbuh 10,8 persen pada November 2021

Peningkatan tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2021 yang tercatat positif sebesar 201,0 atau tumbuh 2,8 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), meski tidak setinggi pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 3,2 persen mtm.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Januari 2022  |  11:10 WIB
Konsumen di satu gerai supermarket di Purwokerto, Minggu (28/7).  - BISNIS.COM
Konsumen di satu gerai supermarket di Purwokerto, Minggu (28/7). - BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Penjualan Eceran melaporkan kinerja penjualan eceran meningkat pada November 2021.

Peningkatan tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2021 yang tercatat positif sebesar 201,0 atau tumbuh 2,8 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), meski tidak setinggi pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 3,2 persen mtm.

“Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh penjualan kelompok suku cadang dan aksesori dan makanan, minuman dan Tembakau yang meningkat,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Selasa (11/1/2022.

Di sisi lain, BI mencatat pertumbuhan penjualan subkelompok sandang dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor tercatat mengalami perlambatan.

Adapun secara tahunan, penjualan eceran pada November 2021 tercatat tumbuh 10,8 persen (year-on-year/yoy), meningkat dari 6,5 persen yoy pada Oktober 2021.

Erwin mengatakan, mayoritas kelompok mencatatkan perbaikan kinerja penjualan eceran secara tahunan, terutama kelompok bahan bakar kendaraan bermotor dan makanan, minuman, dan tembakau.

Kinerja penjualan eceran pada desember 2021 diperkirakan meningkat, dengan IPR sebesar 206,9 atau secara bulanan tumbuh 3 persen mtm.

Peningkatan ini didorong oleh meningkatnya permintaan selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur akhir tahun.

Secara tahunan, penjualan eceran Desember 2021 diperkirakan tumbuh 8,9 persen yoy, terutama ditopang oleh kinerja penjualan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia konsumsi penjualan eceran
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top