Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah di Atas Rp1 Miliar Diprediksi Jadi Primadona Tahun Ini

Pencarian properti kelas menengah ke atas diproyeksi akan meningkat sepanjang tahun ini. Pemulihan ekonomi diklaim menjadi pemicu utama meningkatnya pencarian rumah dengan harga Rp1 miliar ke atas.
Penyelesaian sebuah perumahan mewah. / Bisnis Paulus Tandi Bone
Penyelesaian sebuah perumahan mewah. / Bisnis Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Pencarian properti kelas menengah ke atas diproyeksi akan meningkat sepanjang tahun ini. Pemulihan ekonomi diklaim menjadi pemicu utama meningkatnya pencarian rumah dengan harga Rp1 miliar ke atas.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com, mengatakan bahwa pencarian properti di kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara menunjukkan tren peningkatan. Hal tersebut melanjutkan pertumbuhan pencarian properti di kedua wilayah itu pada kuartal III/2021 yang naik 2,79 persen secara kuartalan.

Seperti diketahui, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara merupakan wilayah yang memiliki harga properti cukup tinggi di Indonesia.

“Seperti yang kita tahu, properti di Jakarta tidak ada yang murah. Rerata harganya Rp1 miliar hingga Rp2 miliar ke atas. Kami lihat ada peningkatan pencarian di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” katanya dalam Kaleidoskop Properti 2021 dan Prospek 2022 Prolab School of Property, Senin (10/1/2022) malam.

Menurutnya, bangkitnya minat konsumen terhadap properti kelas menengah ke atas juga ditunjukkan lewat harga properti yang dicari.

Jika digabungkan, kata dia, besarnya jumlah pencari hunian dengan harga di atas Rp1 miliar mencapai 52 persen dari total pencari rumah di Rumah.com pada kuartal III/2021. Pencarian hunian di kisaran harga Rp1 miliar ke atas itu pun diproyeksikan akan menjadi tren di tahun ini.

“Yang mencari rumah dengan harga lebih dari Rp4 miliar ada 16 persen, yang mencari rumah Rp1,5 miliar hingga Rp4 miliar sebanyak 25 persen, pencari rumah Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar 10 persen,” ujarnya.

Selain itu, Rumah.com juga mencatat pencari rumah dengan harga Rp750 juta hingga Rp1 miliar sebanyak 9 persen, pencari rumah seharga Rp300 juta hingga Rp750 juta 23 persen, dan yang mencari rumah dengan harga di bawah Rp300 juta sebanyak 16 persen.

Dalam kesempatan itu, Marine juga menyampaikan bahwa tren pencarian properti di Rumah.com sepanjang 2021 menunjukkan antusiasme yang meningkat. Secara tahunan, pencarian properti dari Januari hingga Oktober 2021 meningkat sebesar 37 persen.

Pencarian properti di Banten pada kuartal III/2021 naik 6 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pencarian properti di provinsi itu naik sebesar 16 persen.

“Adapun kota yang paling banyak dicari di Banten ini adalah Tangerang Selatan yang mengalami peningkatan pencarian sebesar 21,84 persen secara kuartalan, 36,35 persen secara tahunan,” ucapnya.

Sementara itu, pencarian properti di Jakarta Utara masih positif, dengan kenaikan pencarian sebesar 4,54 persen pada kuartal III/2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper