Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Pembangunan IKN Danis Hidayat Terpilih Jadi Ketum PII

Danis Hidayat Sumadilaga terpilih menjadi ketua umum untuk periode 2021-2024 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2021-2024.
Danis Hidayat Sumadilaga/Istimewa-Kementerian PUPR
Danis Hidayat Sumadilaga/Istimewa-Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru Negara (IKN) Danis Hidayat Sumadilaga terpilih menjadi ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2021-2024.

Danis yang periode sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua umum PII, terpilih menjadi ketua umum setelah ditetapkan dalam Kongres ke XXII PII di Badung, Bali, Minggu (19/12/2021). Adapun, untuk periode 2021-2024 posisi wakil ketua umum diisi oleh Ilham Akbar Habibie.

Usai pelantikan, Danis mengatakan bahwa peran PPI sangat strategis untuk pembangunan Indonesia. Dia berniat meningkatkan kualitas dan kuantitas insinyur di Indonesia.

"Itu akan jadi program jangka panjang  Sedangkan program jangka pendeknya, PII akan berkontribusi holistik untuk ikut menyukseskan G-20 yang diberi nama program Engineer 20. Kami tentu akan mendukung pembangunan pemerintah, presidensi G-20 itu itu kesempatan baik Indonesia," ujar Danis, dalam siaran persnya, Senin (20/12/2021).

Dia mengatakan, PII mendukung tiga fokus pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, yakni kesehatan yang inklusif, transformasi digital dan transisi energi.

Untuk internal PII, Danis berjanji akan mengembangkan  organisasi jadi lebih baik, utamanya peningkatan kemampuan profesional. Semangat membangun sumber daya manusia (SDM) insinyur menurutnya selaras dengan Undang-undang Keinsinyuran, yang memuat 5 tujuan utama terkait kewajiban meningkatkan kualitas dan kuantitas insinyur.

Bidang kesehatan juga akan menjadi salah satu fokus PII. Menurut, kesehatan tidak melulu soal pelayanan, juga tentang alat-alat kesehatan. Untuk itu dia akan mendorong Indonesia mandiri alat kesehatan.

Ilham Akbar Habibie dalam pernyataannya usai pelantikan, menyebut bahwa pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PII di Kongres, telah berlangsung secara profesional, ramah dan terbuka.

"Saya benar-benar bangga dan senang kita mempunyai budaya seperti ini, insyallah, mudah-mudahan kita bisa terus kembangkan seperti ini, karena kita profesional," ujar Ilham Akbar Habibie.

Ilham Akbar Habibie yang merupakan putra pertama Presiden RI ke 3, Bacharuddin Jusuf Habibie itu, menegaskan bahwa anggota PII adalah satu tim, karena hal tersebut adalah kunci dari kesuksesan PII. Dalam kesempatan itu, ia mengajak semua anggota PII, untuk mempertahankan nilai-nilai baik yang  sudah ada.

Dia berharap insinyur bisa lebih berkontribusi kepada bangsa melalui dunia industri. Ilham Akbar Habibie meyakini peran insinyur sangat masif dan luas, dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper