Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan akan Karoseri Truk Diprediksi Meningkat Tahun Depan

Optimisme akan membaiknya permintaan pasar itu seiring dengan membaiknya perekonomian nasional, didorong oleh membaiknya penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah seperti vaksinasi yang massif.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  16:57 WIB
Bengkel pembuatan karoseri PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE). - Istimewa
Bengkel pembuatan karoseri PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE) optimistis permintaan terhadap karoseri truk akan meningkat pada 2022 seiring dengan pemulihan ekonomi dan membaiknya penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

“Kami optimistis tahun 2022 seharusnya lebih baik dibandingkan dengan 2021,” ujar Kevin Jong, Direktur Utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. melalui keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Dari sisi strategi penjualan, pihaknya sekarang fokus dan berkomunikasi intensif dengan  pemain-pemain besar khususnya dealer truk yang memasok sektor pertambangan.

“Salah satu pemain truk Eropa sudah ada permintaan pesanan kepada kami sekitar 300-an unit sampai April 2022 untuk kebutuhan tambang batu bara,” tutur Kevin.

Menurutnya, optimisme memasuki 2022 juga ditopang oleh adanya perusahaan logistik yang sudah siap menambah kurang lebih 1.500-an unit armadanya pada 2022.

Optimisme akan membaiknya permintaan pasar itu, jelas Kevin, seiring dengan membaiknya perekonomian nasional. Hal itu terutama ditopang oleh membaiknya penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah seperti vaksinasi yang massif.

“Selain itu, karena harga komoditas, khususnya batu bara masih cukup bagus. Hal itu juga membuat kami optimistis dalam meningkatkan kinerja pada 2022.”

Sementara itu, pada tahun ini perseroan juga mencatat peningkatan volume karoseri dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Peningkatan permintaan itu dipicu oleh membaiknya harga komoditas dibandingkan dengan 2020.

Harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) tercatat sempat US$169,75/ton pada 16 Agustus 2021. Harga itu dinilai cukup tinggi.

Tahun lalu, tutur Kevin, sektor karoseri terpukul sejak adanya pandemi Covid-19 yang di Indonesia muncul sejak Maret 2020. Permintaan karoseri anjlok terutama sejak adanya pembatasan pergerakan orang guna menghambat penyebaran Covid-19.

HOPE berdiri sejak 2005 dan bergerak di bidang karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. 

Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri perseroan mencakup dump truck, tangki air, tangki minyak sawit mentah, bahan bakar minyak, tangki hi-blow, pengaduk semen, wing box, dan boks besi untuk transporter logistik. 

Selain itu, perseroan memproduksi trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

duta pertiwi harga batu bara Industri Karoseri pemulihan ekonomi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top