Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Varian Omicron, GP Farmasi: Obat Covid-19 Overstock!

Direktur Eksekutif GP Farmasi Elfiano Rizaldi mengatakan obat Covid-19 overstock sehingga siap hadapi varian Omicron yang sudah masuk Indonesia.
Ilustrasi Obat COvid-19./Antara
Ilustrasi Obat COvid-19./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia (GPFI) mencatat adanya kelebihan stok (overstock) obat-obatan Covid-19 karena penurunan kasus di Tanah Air dalam beberapa bulan terakhir.

Direktur Eksekutif GP Farmasi Elfiano Rizaldi mengatakan perusahaan farmasi melakukan banyak produksi dan importasi obat terkait Covid-19 pada saat terjadi lonjakan varian Delta di Indonesia. Dengan adanya risiko penyebaran varian Omicron, dia mengaku industri farmasi dalam kondisi siap menyuplai kebutuhan obat.

"Posisi obat [terkait Covid-19] overstock. Saat ini stok masih banyak sekali, baik itu produk jadi maupun bahan bakunya, jadi kita sangat siap [jika ada gelombang ketiga karena varian Omicron]," kata Elfiano saat dihubungi Bisnis, Kamis (16/12/2021).

Elfiano menggarisbawahi, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO belum mengubah rekomendasi obat untuk perawatan Covid-19 dari varian Delta ke Omicron, seperti remdesivir, ivermectin, oseltamivir, dan lain-lain. Sehingga stok obat yang ada masih akan mengisi potensi kebutuhan jika terjadi lonjakan kasus berikutnya.

"Sesuai guidance dari WHO, belum ada temuan obat khusus varian Omicron," lanjutnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) Ganti Winarno Putro mengatakan stok obat terkait Covid-19 hingga kini masih terjaga ketersediaannya di seluruh jaringan outlet perseroan.

"Perseroan berkomitmen membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19," kata Ganti.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengumumkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Pasien pertama tersebut yakni petugas kebersihan di Wisma Atlet yang dinyatakan positif corona pada 8 Desember 2021.

Dilaporkan bahwa pasien tersebut tidak mengalami gejala Covid-19 sama sekali dan kini tengah menjalan karantina di Wisma Atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper