Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Inggris Terapkan Wajib PCR, Industri Penerbangan pun 'Teriak'

Dilansir Bloomberg pada Minggu (5/12/2021), kebijakan ini mulai berlaku pada 7 Desember dan berlaku sementara.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Industri penerbangan Inggris berteriak setelah pemerintah memutuskan bakal menerapkan seluruh pelancong harus melakukan tes Covid-19 48 jam sebelum keberangkatan meskipun sudah divaksin.

Dilansir Bloomberg pada Minggu (5/12/2021), kebijakan ini mulai berlaku pada 7 Desember dan berlaku sementara. Nantinya otoritas akan mengkaji kembali kebijakan ini sambil melihat perkembangan.

Setelah omicron terdeteksi di Inggris seminggu yang lalu, pemerintah menambahkan syarat tes PCR dalam dua hari setelah kedatangan, mengharuskan pelancong untuk mengisolasi diri sampai mereka menerima hasil negatif.

Kebijakan ini lantas mengundang protes dari maskapai udara dan seluruh perusahaan yang terkait dengan perjalanan, mengingat sudah mendekati momen Natal.

Aturan baru tersebut juga dirilis sehari setelah Menteri Transportasi Inggris, Grant Shapps mengatakan wisatawan tidak memerlukan pengujian pra-keberangkatan.

"Pemberlakukan kembali pengujian untuk memasuki Inggris, di atas rezim isolasi saat ini dan pengujian PCR pada saat kedatangan benar-benar tidak sesuai dengan negara lain di dunia," kata British Airways.

Asosiasi pilot menyatakan persyaratan ini bakal mengancam seluruh pekerjaan di sektor penerbangan.

"Biaya baru dan tekanan perjalanan tampaknya dirancang untuk menghancurkan kepercayaan pada perjalanan udara dan keinginan keluarga untuk bertemu kembali selama liburan,” Martin Chalk, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pilot, dalam sebuah pernyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper