Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelar Rapimnas 2021, Kadin Siapkan Roadmap Indonesia Emas 2045

Kadin Indonesia bersama Kadinda dari seluruh Indonesia berupaya untuk berkontribusi dalam langkah menuju Indonesia Emas 2045.
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di Bali./istimewa
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di Bali./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di Bali. Acara yang digelar di BNDCC, Nusa Dua, Bali ini berlangsung pada 3-4 Desember 2021.

Arsjad Rasjid berharap Rapimnas yang merupakan amanat Munas ini dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi, khususnya sektor pariwisata dan UMKM di Bali. Dalam Rapimnas in, Kadin Indonesia juga menggelar acara pameran UMKM dan industri kreatif di sepanjang lobi tempat berlangsungnya acara. 

Mengenai Rapimnas 2021 ini, Arsjad mengatakan acara ini merupakan komitmennya untuk merealisasikan kinerja kepengurusan yang inklusif dan kolaboratif serta mengedepankan kerja sama.

"Dalam Rapimnas ini, hadir semua perwakilan Kadin Daerah dari 34 Provinsi dan asosiasi yang tergabung dalam Kadin Indonesia. Rapimnas ini ajang kita berkonsolidasi, menyamakan visi-misi dan program-program dari 4 pilar utama untuk membantu pemerintah mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi di masa pandemi ini," ujar Arsjad Rasjid, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (3/12/2021).

Arsjad menekankan dalam Rapimnas ini, Kadin Indonesia bersama Kadinda dari seluruh Indonesia berupaya untuk berkontribusi dalam langkah menuju Indonesia Emas 2045.

Terkait itu, Kadin Indonesia menyiapkan Road Map To Indonesia 2045 dengan menguatkan tiga program utama, yakni mendukung percepatan investasi seperti UU Cipta Kerja, membangun ekonomi daerah dan menciptakan kewirausahaan serta penguatan SDM melalui vokasi.

"Kita ambil spirit dari UU Cipta Kerja. Spirit mempercepat dan permudah investasi, ada lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Lalu kuatkan ekonomi daerah, kebijakannya jangan disamakan, tapi lihat potensi daerahnya. Ingat, ekonomi daerah kuat, ekonomi nasional akan kokoh," ujarnya.

Arsjad juga menjelaskan resep terakhirnya soal mengangkat pondasi ekonomi Indonesia, yakni UMKM melalui penguatan kewirausahaan dan SDM. UMKM kata Arsjad harus naik kelas, dari informal menjadi formal sehingga bisa mengakses permodalan untuk menjadi lebih besar.

Sementara itu, Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan Rapimnas kali ini akan menggelar forum bisnis dengan pemerintah yakni menteri dengan 4 skala prioritas, yakni transformasi dan industri Kesehatan; kewirausahaan dan investasi, pemberdayaan UMKM dan Net Zero Emission.

Presiden Jokowi dipastikan hadir di area Rapimnas untuk membuka acara sekaligus mengukuhkan kepengurusan Kadin Indonesia 2021-2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper