Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! Pemerintah Lebur 6 BUMN Pangan Jadi 3 Perusahaan

Penggabungan BUMN ini merupakan momentum penting menuju holding BUMN Pangan. Salah satu proses menuju holding pangan adalah merger dari 6 BUMN Pangan menjadi 3 perusahaan
Akta penandatangan penggabungan 6 BUMN Pangan, Kamis (2/12/2021)./istimewa
Akta penandatangan penggabungan 6 BUMN Pangan, Kamis (2/12/2021)./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Enam perusahaan yang tergabung dalam BUMN Klaster Pangan resmi dilebur menjadi 3 perusahaan.

Akta penandatangan penggabungan keenam perusahaan itu dilakukan pada Kamis (2/12/2021). Melalui penandatanganan tersebut, PT Bhanda Ghara Reksa resmi melebur ke PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Perikanan Nusantara bergabung ke PT Perikanan Indonesia, dan PT Pertani melebur ke PT Sang Hyang Seri.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala N.Mansury mengatakan penggabungan BUMN ini merupakan momentum penting menuju holding BUMN Pangan. Salah satu proses menuju holding pangan adalah merger dari 6 BUMN Pangan menjadi 3 BUMN Pangan.

“Kita bersama – sama telah menyaksikan penggabungan BUMN Pangan dan berkomitmen bahwa merger dari 6 BUMN Pangan menjadi 3 BUMN Pangan merupakan bagian dari rangkaian besar proses pembentukan Holding BUMN Pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia melalui revitalisasi, penyegaran serta peningkatan kinerja yang ada di BUMN Pangan,” jelas Pahala, dikutip dari keterangan resminya, Jumat (3/12/2021).

Pahala menyebut tujuan dari pembentukan holding pangan melalui fase penggabungan BUMN Pangan ini adalah bagaimana pemerintah bisa meningkatkan inklusivitas hingga melakukan pemberdayaan nelayan, petani, dan peternak.

Menurutnya, upaya ini bukan sesuatu hal yang tidak mungkin karena penerapan teknologi yang baik dan peningkatan produktivitas bakal berdampak terhadap kesejahteraan para petani dan nelayan.

Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Arief Prasetyo Adi menambahkan penggabungan BUMN Pangan merupakan fase kedua menuju Holding BUMN Pangan. Ia menyebut PT Rajawali Nusantara Indonesia sudah dipersiapkan Kementerian BUMN sebagai induk Holding BUMN Pangan.

“Penggabungan BUMN Pangan akan memperkuat ekosistem end to end pangan, mulai hulu sektor pertanian, perikanan, peternakan, garam dan di hilir perdagangan dan logistik Indonesia,”terang Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper