Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Revitalisasi Stasiun Bekasi, Ini Perubahan Jalur dan Akses Masuk Pengguna

KAI Commuter menjelaskan perubahan jalur KRL dan akses masuk pengguna di Stasiun Bekasi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 November 2021  |  12:52 WIB
Bangunan baru Stasiun Bekasi. -  Dok. Istimewa
Bangunan baru Stasiun Bekasi. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - KAI Commuter menjelaskan layanan operasional KRL dan akses masuk pengguna pengoperasian bangunan baru revitalisasi Stasiun Bekasi.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pada hari kedua pengoperasian bangunan baru tersebut, situasi dan kondisi di stasiun berjalan lancar.

"Para pengguna KRL di Stasiun Bekasi dengan tertib mengikuti arahan petugas di lapangan. Mulai kemarin, operasional kereta di Stasiun Bekasi dilayani di jalur 4, 5, 6, dan 7 sehubungan dengan tahapan revitalisasi Stasiun Bekasi," ujar Anne, Senin (22/11/2021).

Anne menuturkan, pengguna dari arah utara atau dari Jl. Perjuangan dapat keluar/masuk dengan memanfaatkan akses masuk sementara untuk selanjutnya menuju lantai 2 bangunan baru dan selanjutnya tap di gate elektronik.

Sementara itu, sambung dia, bagi pengguna dari arah selatan atau dari Jl. Ir. H. Juanda dapat langsung menuju lantai 2 bangunan baru stasiun untuk tap di gate elektronik.

"Penyekatan di Stasiun Bekasi pagi ini dimulai dari zona pertama yang terletak di halaman stasiun depan eskalator menuju gedung baru, selanjutnya zona dua di depan lift, dan terakhir di zona tiga sebelum pengguna melakukan tap di gate elektronik," kata Anne.

Lebih lanjut dia mengingatkan agar setiap pengguna KRL mempersiapkan perjalanannya dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa juga menyiapkan saldo Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank, maupun tiket dengan kode QR melalui aplikasi untuk kemudahan naik KRL.

Selain itu, imbuh Anne, pembatasan kapasitas pengguna KRL juga masih berlaku sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 97/2021. Calon pengguna KRL juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin baik melalui aplikasi, sertifikat secara fisik, maupun digital kepada petugas. Petugas akan melakukan antrean penyekatan di stasiun bila kondisi di dalam KRL sudah sesuai kuota.

"Memasuki musim penghujan, KAI Commuter juga menghimbau para pengguna KRL melakukan persiapan-persiapan memasuki musim penghujan. Sebelum berangkat, pengguna dapat menyimak prakiraan cuaca dari BMKG yang juga turut diteruskan oleh media sosial KAI Commuter. Para pengguna juga dapat melengkapi diri dengan membawa payung atau jas hujan, serta menggunakan alas kaki yang tidak licin," pungkasnya.

Sebagai informasi, KAI Commuter mencatat hingga pukul 08.00 WIB hari ini, pengguna di seluruh stasiun mencapai 129.965 orang atau berkurang 5 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama.

Adapun stasiun yang mengalami kenaikan antara lain Stasiun Citayam (9.502 pengguna, naik 2 persen), Stasiun Depok Baru (6.701, naik 3 persen), dan Stasiun Cikarang (3.354, naik 2 persen). Sementara stasiun yang mengalami penurunan pengguna antara lain Stasiun Bogor (9.100, turun 1 persen) dan Stasiun Parungpanjang (5.114, turun 2 persen).

KAI Commuter juga mengoperasikan 1001 perjalanan KRL per hari dimulai pukul 04.00-22.00 WIB dengan mayoritas perjalanan KRL beroperasi pada jam-jam sibuk. Untuk menghindari potensi kepadatan di stasiun maupun KRL, pengguna KRL dapat melihat informasi jadwal perjalanan, posisi KRL, dan kepadatan di stasiun secara real time dengan aplikasi KRL Access.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top