Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Destinasi Favorit, 1.506 Penumpang Bakal Padati Bandara Lombok Hari Ini

Sebanyak 1.506 penumpang telah melakukan reservasi tiket penerbangan menuju Bandara Zainuddin Abdul Majid, Lombok pada hari ini, Senin 22 November 2021
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 22 November 2021  |  05:53 WIB
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I. - Dok. Istimewa
Salah satu bentuk layanan pelanggan (customer service) virtual di Bandara Lombok yang dikelola PT Angkasa Pura I. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 1.506 penumpang telah melakukan reservasi tiket penerbangan menuju Bandara Zainuddin Abdul Majid, Lombok pada hari ini, Senin 22 November 2021.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Bandara Lombok Arif Haryanto menuturkan, pada Senin (22/11/2021) akan ada 28 penerbangan yang dioperasikan oleh Lion Air, Wings Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan Super Air Jet.

“Dari data jadwal harian penerbangan di Bandara Lombok pada Senin, reservasi penumpang di area ketibaan [arrival] sebesar 1.506 penumpang,” ujarnya, Senin (22/11/2021).

Sebelumnya, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika) atau The Mandalika menyambut gembira kehadiran Presiden Joko Widodo di The Mandalika untuk meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (12/11/2021).

Kegiatan peresmian itu juga dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, dan sejumlah undangan lainnya.

Pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan menjadi venue event balap motor berkelas internasional MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Indonesia 2021 pada 19 November 2021–21 November 2021 menjadi salah satu capaian ITDC di Mandalika.

Pembangunan sirkuit itu juga dilakukan dengan cepat, yaitu memakan waktu hanya 14 bulan, tetapi tetap memiliki kualitas lintasan, serta keselamatan sesuai dengan prasyarat yang diminta oleh Dorna Sport dan FIM.

Dengan peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit itu, ITDC optimistis untuk menyambut penyelenggaraan sejumlah agenda balap motor internasional yang akan berlangsung tahun depan, antara lain tes pramusim MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP 2022 pada Maret 2022.

Keberadaan sirkuit dan event balap motor tersebut akan semakin meneguhkan branding kawasan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata dengan konsep sport tourism terkemuka di Indonesia, sekaligus mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Berdasarkan perhitungan, multiplier effect yang akan diperoleh antara lain nilai ekonomi yang dibangkitkan dari satu event WSBK/MotoGP mencapai Rp500 miliar, dengan serapan tenaga kerja sebesar 7.945 orang.

Selain itu, akan terjadi peningkatan produk UMKM dengan penambahan tenaga kerja sebanyak 3.000 orang, peningkatan kunjungan wisatawan ke Lombok hingga 19 persen, dan tak kalah penting country branding bagi Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara lombok KEK Mandalika
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top