Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementan-Polri Teken MoU Terkait Program Pembangunan Pertanian

Polri akan mendukung seluruh program Kementan dalam mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Indonesia.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 17 November 2021  |  03:39 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Bertopi) didampingi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (Ketiga dari kiri) dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto (Berkemeja putih kanan) melepas ekspor Florikultura dan benih sayuran dari 25 perusahaan eksportir ke 28 negara pada 6 Mei 2021 - Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Bertopi) didampingi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (Ketiga dari kiri) dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto (Berkemeja putih kanan) melepas ekspor Florikultura dan benih sayuran dari 25 perusahaan eksportir ke 28 negara pada 6 Mei 2021 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan Polri menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang pendampingan dalam pemeliharaan keamanan pada pelaksanaan program pembangunan pertanian, Selasa (16/11/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan MoU tersebut dalam rangka mendukung dan mempercepat seluruh program Kementan.

"Baru saja kita melaksanakan kegiatan tanda tangan MoU atau nota kesepahaman dimana nanti, akan ditindaklanjuti dengan PKS (Perjanjian Kerjasama) yang akan dilaksanakan oleh rekan-rekan pejabat utama dengan dirjen terkait di Kementan. Mou ini tentunya dilakukan dalam rangka mendorong dan mempercepat agar program dari Kementan betul-betul bisa berjalan dengan hasil yang optimal," kata Sigit, Selasa (16/11/2021).

Menurut Sigit, dalam MoU tersebut membahas soal pemanfaatan pengembangan lahan pertanian yang belum tersentuh. Menurut Sigit diperlukan upaya strategi guna memanfaatkan lahan yang ada dengan melakukan modernisasi pertanian.

"Sehingga pertumbuhan ataupun kualitas produksinya meningkat. Disamping itu juga memanfaatkan lahan-lahan baru yang saat ini mungkin belum tersentuh dan ini menjadi program kita untuk kembangkan dua hal tersebut," ucap Sigit.

Dengan adanya nota kesepahaman ini, Sigit menegaskan, Polri akan mendukung seluruh program Kementan dalam mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat Indonesia.

Sigit memaparkan dalam mewujudkan ketahanan pangan, Polri juga telah berperan aktif terkait program Food Estate. Dengan begitu, sektor pertanian dan peternakan di lingkungan masyarakat bisa semakin maksimal.

"Program Food Estate yang saat ini sedang dikembangkan menjadi konsen kami untuk supaya itu bisa berjalan. Sehingga bagaimana kita memiliki lahan pertanian, peternakan yang luas, yang bisa mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat Indonesia, kedepan betul-betul terwujud," papar Sigit.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menekankan bahwa, Kementan tidak bisa bergerak dan bekerja sendiri. Sebab itu, Ia menyatakan, sangat memerlukan bantuan dari Polri guna memenuhi kebutuhan pangan dari masyarakat Indonesia terpenuhi.

"Tentu saja Kementan tidak bisa sendiri. Harus bersama unsur yang ada, kami berterima kasih bapak Kapolri bersedia membackup sepenuhnya," ujar Syahrul dikesempatan yang sama.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi polri pertanian kementan
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top