Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir: Model Bisnis Garuda Indonesia Salah Sejak Awal!

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut model bisnis Garuda Indonesia sudah salah sejak awal.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 15 November 2021  |  18:40 WIB
Garuda Indonesia Bermasker  - Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Bermasker - Garuda Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan tegas menyebut bisnis model maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. telah salah selama ini. Bahkan hal itu sudah berlangsung selama puluhan tahun.

"Sejak awal bisnis modelnya sudah salah dan ini sudah berlanjut puluhan tahun," katanya dalam acara Kick Andy Show, dikutip Senin (15/11/2021).

Menurut Erick, karena selama ini Garuda Indonesia dimanjakan dengan pasar domestik yang sangat kuat, akhirnya oknum dalam perseroan tersebut lebih suka untuk membuka pemikiran bisnis ke luar negeri.

Alhasil, lanjut dia, Garuda Indonesia memiliki pesawat yang bermacam-macam. Sehingga berdampak pada jumlah pesawat yang terlalu banyak dan biaya sewa yang sangat mahal kepada lessor.

"Dibikin skenario [oleh oknum] kalau terbang ke sini musti pakai pesawat ini. Itu akhirnya lessor atau sewa pesawat kita paling banyak di dunia jumlah dan model pesawatnya yang akhirnya juga kita paling mahal sewa pesawatnya, yaitu 28 persen padahal rata-rata dunia 6 persen daripada cost operasional," sebut Erick.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa keadaan pelik yang saat ini dihadapi emiten berkode saham GIAA itu bukan semata-mata kejadian hari ini. Melainkan ulah oknum yang mencari uang di sewa-sewa pesawat selama puluhan tahun.

Maka dari itu, Erick menilai bisnis model Garuda Indonesia dan Citilink harus kembali ke market lokal. Sebab, maskapai pelat merah ini punya pasar domestik yang sangat besar.

"Jadi kalau Garuda atau Citilink fokus aja di dalam negeri dia punya revenue yang jauh lebih sehat. Bisnis modelnya harus fokus dalam negeri untuk beberapa tahun ke depan untuk menyehatkan keuangan Garuda," imbuh Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia erick thohir
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top