Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polandia Perluas Potensi Bisnis dengan Indonesia di Sektor Kereta Api & Pertanian

Saat ini total perdagangan antara kedua negara mencapai US$1 miliar, di mana neraca perdagangan Indonesia surplus.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 14 November 2021  |  15:42 WIB
Polandia - Istimewa
Polandia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Polandia bakal memperluas potensi produk untuk pasar di Indonesia, seperti pertanian dan sektor perkeretaapian.

Kepala Jakarta Foreign Trade Office Polandia, Jacek Kolomyjec mengatakan pihaknya terus mengeksplorasi sektor dan produk lain untuk meningkatkan perdagangan dan investasi antar kedua negara. Jacek mengatakan Polandia akan mulai menambah fokus ke sektor lain, seperti industri perkeretaapian.

"Kami ingin punya posisi secara nasional di industri kereta api Indonesia, kami juga ingin fokus di teknologi hijau, mobilitas elektrik, dan alat kesehatan," ujarnya dalam acara Poland Festival 2021 di Jakarta pada Sabtu (14/11/2021).

Poland Festival diselenggarakan oleh Polish Investment and Trade Agency (PAIH) bersama dengan Kedutaan Besar Polandia di Jakarta.

Perhelatan ini menunjukkan eratnya hubungan antara Indonesia dan Polandia serta menjadi ajang promosi bagi produk Polandia yang saat ini paling banyak merupakan makanan dan kosmetik.

Adapu, investasi yang sudah berjalan di antaranya adalah pembangunan pembangkit listrik di Lombok, perusahaan peternakan di Jawa, dan pertambangan di Sulawesi.

Saat ini, pihaknya juga tengah memenuhi prosedur ekspor untuk memperkenalkan produk agrikultur kepada pasar Indonesia.

"Polandia adalah produsen terbesar ketiga untuk bluberi dan empat terbesar untuk apel. Kami fokus pada produk pertanian yang tidak bisa tumbuh di iklim Indonesia, sehingga tidak akan menyaingi petani di Indonesia," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Polandia di Jakarta Beata Stoczynska mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah dan pelaku usaha asal RI untuk memberikan kemudahan ekspor produk Indonesia ke Polandia.

Saat ini total perdagangan antara kedua negara mencapai US$1 miliar, di mana neraca perdagangan Indonesia surplus.

"Kami ingin mencapai US$5 miliar hingga 2025. Namun, karena pandemi ini akan sangat menantang bagi semua pihak. Kita butuh upaya yang sangat besar untuk meraihnya. Untungnya, kami memiliki kantor PAIH untuk memperlihatkan tujuan Polandia di sini," ujarnya.

Kantor Perdagangan Luar Negeri Polandia di Jakarta telah berdiri sejak 2018 dengan tujuan untuk meneliti potensi bisnis di Indonesia, memperkenalkan mitra bisnis, dan menyelesaikan kesepakatan bisnis.

Poland Festival 2021 diselenggarakan di tiga kota, yaitu Grand Lucky SCBD Jakarta, Hokky Supermarket Anchor Plaza Graha Family Surabaya dan GrandLucky Sanur.

Acara ini sempat ditiadakan pada 2020 akibat peningkatan kasus Covid-19. PAIH akan kembali mengadakan Poland Festival pada tahun depan dengan skala yang lebih besar dengan menambah kota seperti Medan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor kereta api pertanian polandia
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top