Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tommy Soeharto Resmikan Rest Area Truk Modern Berbasis Digital

Menggandeng BBR Logistik, kawasan industri milik Tommy Soeharto luncurkan rest area truk berbasis digital yang pertama di Indonesia.
Wahyu Arifin
Wahyu Arifin - Bisnis.com 10 November 2021  |  12:35 WIB
Tommy Soeharto - Antara
Tommy Soeharto - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto meresmikan rest area digital khusus truk di Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai miliknya, di kawasan Dawuan, Karawang Jawa Barat, Rabu (10/11/2021).

Rest area modern dengan sistem digital untuk truk yang berada di jalan Tol Cikampek ini diklaim yang pertama di Indonesia.

"Sektor logistik di masa Pandemi Covid-19 ini masih mampu bertahan dan terus tumbuh positif. Sektor ini juga menyerap banyak tenaga kerja. Untuk itu perlu dukungan engembangan penyediaan fasilitas pendukung dan manajemen modern digital untuk pengusaha-pengusaha jasa muat kargo," kata Tommy dalam keterangan resminya.  

Sebagai pemilik kawasan, Tommy Soeharto yakin keberadaan rest area ini mampu meningkatkan efisiensi, kualitas pelayanan sehingga bisa berdampak pada peningkatan keuntungan dan kinerja dari perusahaan trucking. Tommy menyatakan kalau rest area miliknya mempunyai manajemen terintegrasi dan sistem pengakses data perjalanan armada truk yang real time.

Untuk membangun rest area truk modern ini, Tommy menggandeng PT Bintang Baru Raya (BBR) Logistik milik Tata Djuarsa. Selain Tommy, Tata Djuarsa dan Sumadi Kusuma dari PT Global Putra International (GPI Grup) juga ikut menghadiri peresmian ini. Sumadi Kusuma mengapresiasi kerja sama antara BBR dan PT Mandala Pratama dalam pengembangan kawasan industri. 

Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi ini akan menyediakan Pul Terpadu bagi pengusaha truk dalam menjalankan bisnisnya. Dalam rest area tersedia tempat istirahat driver, training center yang akan selalu melakukan rekrutmen dan pelatihan bagi calon sopir logistik, fasilitas bengkel Multi Brand, penyediaan sparepart, food court, dan berbagai pendukung lain. 

Lebih lanjut, Tommy mengatakan rest area seluas kurang lebih 2 hektar ini juga dilengkapi dengan sistem IT untuk mengontrol keluar masuk truk, sehingga dapat terkoneksi dengan pengguna jasa kargo untuk melakukan online registrasi, serta tidak perlu menunggu lama di pabrik. 

Secara teknis, Mandala Pratama Rest Area Modern Terintegrasi akan memberikan order muatan bagi pengusaha truk yang bergabung, dengan menerapkan sistem tagihan secara otomatis berdasarkan data pemesanan yang telah dicatat di sistem, sehingga supir dapat langsung melihat berapa nilai uang jalan dan pekerjaan yang ditetapkan oleh admin kantor melalui aplikasi ponsel serta dokumen tanda terima yang juga elektronik. 

Muhammad Saugi, Direktur PT Mandala Permai sebagai pengelola kawasan industri mengatakan rest area truk yang modern dan terintegrasi ini akan diminati pengusaha kargo dan logistik karena memiliki sarana dan prasarana yang mereka butuhkan, salah satunya teknologi informasi yang mampu mencatat keluar masuk barang secara valid dan real time

“Dengan teknologi informasi, fasilitas angkutan akan menjadi lebih efisien dan semakin menjangkau wilayah yang lebih luas. Selain itu, PT. Mandala Pratama juga sedang melakukan pembangunan Pasar Induk untuk mendukung logistik pangan, serta pengolahan air untuk keperluan tenant kawasan industri,” tambah Saugi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol cikampek tommy soeharto
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top