Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Operasional KRL Kembali Normal usai Terendam Banjir

KAI Commuter menjelaskan operasional KRL kembali normal usai sempat terendam banjir di sejumlah titik sejak Minggu sore.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 08 November 2021  |  11:32 WIB
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan kereta rel listrik (KRL) pada hari ini, terpantau lancar di semua lintas setelah pada Minggu sore (7/11/2021) sempat mengalami kendala operasional akibat genangan air di sejumlah wilayah.

"Hari ini KAI Commuter tetap mengoperasikan 999 perjalanan KRL dimulai pukul 04.00-22.00 WIB," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin (8/11/2021).

Berdasarkan pantauan di seluruh stasiun hingga pukul 08.00 WIB, Anne menyebut jumlah pengguna KRL sebanyak 136.670 orang atau bertambah 5 persen dibanding waktu yang sama pada pekan lalu.

Adapun lanjutnya, stasiun yang mencatatkan kenaikan pengguna antara lain Stasiun Bogor (10.449, naik 8 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama), Stasiun Bekasi (8.511, naik 3 persen), dan Stasiun Sudimara (4.142, naik 4 persen).

Lebih lanjut memasuki musim penghujan, Anne mengaku KAI Commuter bersama KAI Daop 1 Jakarta dan pemerintah daerah setempat di berbagai wilayah telah melakukan antisipasi dan langkah penanganan banjir dan pohon tumbang di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

"Pohon yang berada di sekitar jalur rel yang berpotensi menghalangi jarak pandang masinis atau yang berpotensi tumbang dilakukan pemangkasan oleh petugas," sebutnya.

Selain antisipasi dari segi prasarana, KAI Commuter, sambung Anne, juga menghimbau para pengguna KRL bersiap memasuki musim penghujan. Sebelum berangkat, pengguna dapat menyimak prakiraan cuaca dari BMKG yang juga turut diteruskan oleh media sosial KAI Commuter.

"Para pengguna juga dapat melengkapi diri dengan membawa payung atau jas hujan, serta menggunakan alas kaki yang tidak licin," imbuhnya.

Sebelumnya, KAI Commuter menginformasikan bahwa hujan deras di Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan dan sekitarnya membuat banjir menggenangi sejumlah wilayah, termasuk jalur rel di lintas antara Stasiun Pondok Ranji - Stasiun Kebayoran dan di sekitar Stasiun Bogor.

Jalur rel antara Stasiun Kebayoran - Stasiun Pondok Ranji PP sempat terkendala genangan air sejak pukul 15.39 WIB, Minggu (7/11/2021). Namun pada pukul 17.16 WIB jalur rel dari Stasiun Kebayoran arah ke Stasiun Pondok Ranji sudah dapat dilalui dengan kecepatan normal.

Sementara pada pukul 17.50 WIB jalur rel arah sebaliknya yaitu dari Stasiun Pondok Ranji menuju ke Stasiun Kebayoran juga sudah dapat dilalui dengan kecepatan normal.

Adapun, genangan air di sekitar Stasiun Bogor juga berdampak ke jalur I dan jalur II Stasiun sejak pukul 15.25 WIB. Namun, dengan penanganan yang cepat dari petugas di lokasi bersama pemerintah Kota Bogor, pukul 15.46 WIB genangan sudah surut dan tidak sampai mengganggu perjalanan KRL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top