Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Kritik Anggaran Rp1,8 M untuk Bangun Kolam Renang Kantor BSSN di Sentul

Badan Siber dan Sandi Negara menganggarkan Rp1,8 M untuk proyek kolam renang yang akan dibangun di kantor wilayah Sentul.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 05 November 2021  |  11:23 WIB
Logo BSSN terpantul pada layar presentasi - Bisnis.com/Sholahuddin Al Ayyubi
Logo BSSN terpantul pada layar presentasi - Bisnis.com/Sholahuddin Al Ayyubi

Bisnis.com, SOLO - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi perhatian publik setelah menganggarkan Rp1,8 M untuk membangun kolam renang.

Rencananya, kolam renang tersebut bakal dibangun di kantor daerah Sentul, Jawa Barat.

Menguapnya informasi seputar anggaran besar untuk pengadaan kolam renang ini bermula dari unggahan di situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik BSSN, lpse.bssn.go.id.

Dari informasi yang diunggah tersebut tertera nama tender 'Pembuatan Kolam Renang Kantor BSSN Sentul' dengan pagu paket Rp1.800.000.000.

Tender tersebut pun dimenangkan oleh CV Aktalindo Perkasa penawaran harga terkoreksi Rp 1.417.502.635,10.

Dari laman LPSE, tender diajukan di tanggal 20 Oktober lalu dan kini masih memasuki masa sanggah.

Kritikan pedas kemudian membanjiri BSSN setelah akun Twitter bernama @secgron mengunggah tangkapan layar proyek pembuatan kolam renang tersebut.

"Pembuatan kolam renang dengan biaya sekian M biar teman-teman yang di @BSSN_RI bisa rileks," tulis akun tersebut pada Rabu (3/11/20210) dengan menyertakan tangkapan layar informasi tender.

Cuitan tersebut pun langsung mendapat tanggapan beragam dari netizen yang menyayangkan adanya pengadaan tender pembuataan kolam renang.

"Namanya aja badan sandi, Jadi mereka pasti punya super komputer yg perlu water cooling extra. Nah kolam renang ini buat nampung airnya. Kalau penawarannya ditulis lugas pembuatan pendingin komputer server, ntar ketauan musuh kalau kita punya super komputer canggih," tulis akun @handri_tsa.

"Mencoba positif thinking. Mungkin bssn mau nyaingin microsoft yang servernya bawah laut dan bssn mencoba servernya dalam kolam renang," sindir netizen lain.

"coba alokasikan untuk hire programmer profesional dan bayarannya sesuai standar, soalnya kmren hasilnya cuman Aplikasi pengelola password yg bisa dikata kurang bagus, terus pernah di hack pula situsnya, knp ya kalau lembaga pemerintah tuh suka salah bkin prioritas?" komentar akun @cevymm.

Mereka pun menyoroti hasil kolam renang yang digambarkan akan seperti kolam renang atlet karena nilai anggaran yang tinggi.

Bahkan ada juga yang menyindir pembuatan kolam renang di Kantor BSSN Sentul akan mirip dengan waterpark yang besar.

Dari informasi yang dihimpun Bisnis, kantor BSSN di Sentul diperuntukkan sebagai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusbang SDM) BSSN.

Sehingga nantinya, pembuatan kolam renang di kantor BSSN Sentul bisa dimanfaatkan untuk program pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi personil baru BSSN.

Meskipun begitu, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai proyek kolam renang yang memakan anggaran Rp1,8 M ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn kolam renang badan siber dan sandi nasional (BSSN)
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top