Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Warukin di Tabalong Bakal Layani Penerbangan Komersial Lagi

Bandara Warukin di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan bakal kembali dioperasionalkan untuk melayani penerbangan komersial.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Oktober 2021  |  19:55 WIB
Bandara Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. - ANTARA/Herlina Lasmianti
Bandara Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. - ANTARA/Herlina Lasmianti

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Warukin di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan bakal kembali dioperasionalkan untuk melayani penerbangan komersial.

Bupati Kabupaten Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan bahwa rencananya bandara milik PT Pertamina (Persero) tersebut akan kembali beroperasi sebelum peringatan HUT Kabupaten Tabalong pada awal Desember 2021.

“Kami sudah melakukan rapat dengan seluruh pihak terkait, membahas persiapan membuka Bandara Warukin untuk komersial,” katanya di Tabalong, Sabtu (30/10/2021).

Rencananya, rute penerbangan di Kota Minyak Tabalong tersebut akan dibuka untuk melayani penerbangan rute Balikpapan, Tanjung, dan Surabaya; serta Surabaya, Tanjung, dan Balikpapan.

Rute lainnya, yaitu Tanjung–Jakarta dan sebaliknya. Khusus penerbangan menuju Jakarta, rencananya akan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Semoga tidak ada kendala berarti, sehingga rencana pembukaan bandara tersebut berjalan sesuai rencana,” katanya.

Anang juga menyampaikan bahwa untuk memperbesar bandara, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menyiapkan lahan seluas 100 hektare.

Untuk bisa diterbangi pesawat berbadan lebar, kata dia, diperlukan runway sepanjang 2.400 meter, sedangkan runway Bandara Warukin saat ini hanya sepanjang 1.400 meter.

“Memperpanjang runway tersebut, maka kami siapkan lahan seluas 100 hektare, sehingga ke depan bisa diterbangi pesawat berbadan lebar,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, persiapan pengembangan bandara tersebut sebagai upaya Tabalong menjadi salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Keberadaan Kabupaten Tabalong yang cukup dekat dengan daerah IKN akan sangat memerlukan dukungan fasilitas transportasi yang memadai, di antaranya adalah bandara dan jalan tol.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan bandara tabalong

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top