Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Soekarno-Hatta, Ini Bandara yang Bakal Ada Fasilitas Tes PCR Selesai 3 Jam

Layanan tes RT-PCR dengan hasil yang bisa keluar sekitar 3 jam juga akan tersedia di bandara lain milik PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II setelah diimplementasikan di Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta.
Ilustrasi. Petugas medis di RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, tengah melayani pemeriksaan tes swab PCR./Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif
Ilustrasi. Petugas medis di RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, tengah melayani pemeriksaan tes swab PCR./Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif

Bisnis.com, JAKARTA – Layanan tes RT-PCR dengan hasil yang bisa keluar sekitar 3 jam juga akan tersedia di bandara lain milik PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II setelah diimplementasikan di Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini Airport Health Center di Bandara HAS Hanandjoeddin, Belitung, dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan menyediakan layanan RT-PCR dengan hasil keluar sekitar 3 jam.

“Secara bertahap hingga akhir bulan, layanan tes RT-PCR hasil keluar sekitar 3 jam juga akan dibuka di lebih dari separuh bandara yang dikelola AP II,” jelasnya melalui siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Muhammad Awaluddin menuturkan, AP II sangat memahami bahwa bandara-bandara yang dikelola perseroan menjadi salah satu pendukung pariwisata dan perekonomian setempat, sehingga perlu fasilitas untuk memastikan aktivitas dan mobilitas transportasi udara di bandara tersebut memenuhi protokol kesehatan.

Seperti diketahui, mulai 24 Oktober 2021 Bandara Soekarno-Hatta mengimplementasikan ketentuan di dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Sesuai dengan SE tersebut, penumpang pesawat tujuan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta wajib menunjukkan surat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama, dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan RT-PCR dengan hasil keluar sekitar 3 jam.

Layanan tes RT- PCR dengan hasil keluar 3 jam itu diperuntukkan khusus bagi penumpang pesawat yang berangkat di tanggal sama dengan tes.

Bagi penumpang yang berangkat di tanggal berbeda dengan tes, dapat memilih layanan tes RT-PCR dengan hasil keluar 1x24 jam yang juga terdapat di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta.

Tidak ada perbedaan harga antara hasil yang keluar 3 jam dan hasil keluar 1x24 jam, di mana ditetapkan saat ini sama-sama Rp495.000, sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Ke depannya, kemungkinan tarif RT-PCR akan kembali dilakukan penyesuaian harga, menunggu regulasi dari pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper