Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Gayo Aceh Senilai Rp1,4 Miliar Diekspor ke Inggris

Inggris merupakan negara tujuan ekspor kopi Indonesia ke-9 dengan nilai ekspor sebesar US$15 juta.
Ilustrasi kopi. /Bisnis.com
Ilustrasi kopi. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi Gayo Aceh dengan nilai Rp1,4 miliar berhasil diEkspor ke Inggris. Kopi tersebut merupakan hasil pengelolaan oleh Pesantren Darul Mujahadah Al Waliyyah, PT Merador Kopi Berjaya, dan Koperasi Gayo Leuser Antara.

“Pelepasan ekspor ini merupakan salah satu hasil kerja sama Ditjen PEN Kemendag dan PT Astra International Tbk dalam program Pengembangan Ekspor Produk Unggulan Desa,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dikutip dari siaran pers, Minggu (24/10/2021).

Dalam kerja sama ini, Kemendag dan PT Astra International Tbk berkomitmen meningkatkan kapasitas ekspor sekitar 755 desa dalam program Desa Sejahtera Astra (DSA) sehingga berdaya saing dan mampu berkompetisi di pasar global.

Sekitar 100 desa ditargetkan bisa melakukan ekspor secara mandiri dan mendapatkan repeat order dalam kurun kerja sama 2 tahun.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menyampaikan pelepasan ekspor ini diharapkan dapat membuat kopi asal Indonesia dikenal lebih luas. Inggris sendiri merupakan negara tujuan ekspor kopi Indonesia ke-9 dengan nilai ekspor sebesar US$15 juta.

“Kami berharap, kegiatan pelepasan ekspor ini akan menandai peningkatan nilai ekspor kopi Indonesia, sekaligus membawa Kopi Aceh Gayo menjadi lebih dikenal lagi oleh dunia,” kata Marolop.

Marolop menambahkan Kemendag mengapresiasi Kabupaten Aceh Tengah yang telah berhasil mengembangkan kopi sebagai salah satu produk ekspor unggulannya.

“Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu contoh produk Indikasi Geografis Indonesia yang pertama diakui pasar global, khususnya pasar Eropa. Karenanya, Kemendag senantiasa memberikan perhatian bagi pengembangan Indikasi Geografis kopi gayo,” kata dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari sampai Agustus 2021, nilai ekspor kopi mencapai US$476,76 juta. Pada periode yang sama, Aceh merupakan provinsi pengekspor kopi terbesar ke-4 Indonesia dengan nilai ekspor mencapai US$49,89 juta. Sedangkan, negara tujuan ekspor utama kopi Indonesia adalah Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Malaysia, Italia dan Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper