Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Squid Game, Penyelamat dan Ladang Cuan Baru Netflix

Penghasilan dari Squid Game telah jauh melampaui biaya produksinya. Setiap episode satu serial terpopuler di Netflix ini menghabiskan sekitar US$2,4 juta (Rp33,9 miliar) per episode. Dengan demikian 9 episode yang menampilkan Gong Yoo dan mengangkat popularitas Jung Ho Yeon menelan anggaran sekitar US$21,4 juta (Rp302,38 miliar).
Drama Korea Squid Game bakal tayang September 2021 di Netflix/Soompi
Drama Korea Squid Game bakal tayang September 2021 di Netflix/Soompi

Harta berharga Netflix

squid game
squid game

Ilustrasi penjaga di drama Korea Squid Game. /Bloomberg

Beberapa angka cukup jelas, dan mencerminkan data yang telah dilaporkan Netflix dan layanan lainnya. Sekitar 132 juta orang telah menonton setidaknya dua menit "Squid Game" dalam 23 hari pertama, memecahkan rekor Netflix yang sebelumnya dibuat oleh "Bridgerton."

Netflix memperkirakan bahwa 89 persen orang yang memulai menonton Squid Game setidaknya menghabiskan 75 menit (lebih dari satu episode) dan 66 persen pemirsa, atau 87 juta orang, telah menyelesaikan seri di 23 hari pertama penayangan. Secara total, orang-orang telah menghabiskan lebih dari 1,4 miliar jam menonton pertunjukan, yang diproduksi oleh Siren Pictures tersebut.

Dengan capaian tersebut, Squid Game bisa dibilang menjadi penyelamat Netflix. Perusahaan sebelumnya melaporkan pertumbuhan pelanggan baru melambat, dan kondisi paling parang terjadi pada paruh pertama 2021. 

Satu kendala yang dihadapi perusahaan adalah kurangnya acara baru yang memiliki popularitas tinggi. Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan menjadi satu penyebabnya, karena membuat produksi TV dan film melambat. 

Namun saham Netflix telah naik hampir 7 persen sejak rilis "Squid Game" pada 17 September 2021, dengan nilai perusahaan sebesar US$278,1 miliar. Bahkan investor yang sebelumnya kritis terhadap Netflix, memperkirakan akan ada perbaikan kinerja pada kuartal ketiga atau keempat, atau bahkan keduanya.

“Kami pikir Netflix telah menemukan strategi yang masuk akal dan menguntungkan dengan upaya internasionalisasi kontennya, dengan 'Squid Game' contoh sempurna," Michael Pachter, seorang analis Wedbush Securities, menulis dalam catatan 14 Oktober 2021. 

Secara internal, Squid Game pun menjadi sebuah harta berharga bagi Netflix saat ini. Serial Korea ini mencetak 353 poin dalam adjusted view share (AVS). Sebagai catatan, AVS lebih dari 9 atau 10 sudah dianggap tinggi.

Squid Game, Penyelamat dan Ladang Cuan Baru Netflix

Dalgona Candy Squid Game. /Netflix

AVS adalah sebuah bahan evaluasi bagi Netflix. AVS bukan hanya mencerminkan berapa banyak orang yang menonton sebuah acara, tetapi juga mengukur nilai dari penonton acara tersebut. Penonton acara yang merupakan pelanggan baru atau jarang menggunakan Netflix dianggap lebih berharga karena menunjukkan bahwa film atau serial itu adalah alasan mengapa mereka tidak berhenti berlangganan.

Kemudian pada akhirnya, yang membuat Squid Game semakin berharga bagi Netflis adalah popularitas yang berbanding terbalik dengan biaya produksi. Biaya pembuatan Squid Game lebih murah dibandingkan acara Dave Chappelle baru-baru ini, atau setara dengan anggaran beberapa episode The Crown.

Dalam hal itu, Netflix memiliki metrik yang disebut efisiensi, di mana AVS diukur terhadap biaya produksi. Hasilnya Squid Game memiliki skor efisiensi 41,7X, di mana efisiensi 1X sudah dianggap baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khadafi
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper