Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Pertumbuhan Penumpang KRL Terus Berlanjut, Awal Pekan Ini Naik 4 Persen

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter melaporkan tren peningkatan jumlah penumpang yang terus berlanjut. Awal pekan ini, pertumbuhan pengguna kereta rel listrik (KRL) mencapai 4 persen dibandingkan dengan Senin pekan lalu.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 Oktober 2021  |  14:37 WIB
Ilustrasi-Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/7/2020). - ANTARA/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi-Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/7/2020). - ANTARA/Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter melaporkan tren peningkatan jumlah penumpang yang terus berlanjut. Awal pekan ini, pertumbuhan pengguna kereta rel listrik (KRL) mencapai 4 persen dibandingkan dengan Senin pekan lalu.

“Hingga pukul 08.00 WIB pada Senin [18/10/2021], KAI Commuter mencatat pengguna KRL sejumlah 121.002 pengguna, atau bertambah sekitar 4 persen dibandingkan dengan pekan lalu di waktu yang sama dengan jumlah 115.594 pengguna,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin (18/10/2021).

Anne memerinci, stasiun yang mengalami kenaikan pengguna antara lain Stasiun Bogor (9.333 pengguna, naik 16 persen dibandingkan dengan pekan lalu di waktu yang sama), Stasiun Cilebut (6.909 pengguna, naik 12 persen), dan Stasiun Depok Baru (5.779 pengguna, naik 9 persen).

Meski begitu, lanjut Anne, sebagai langkah antisipasi tren volume pengguna KRL yang terus bertambah, KAI Commuter mengoperasikan 994 perjalanan KRL Jabodetabek setiap harinya dengan jam operasional dan pelayanan mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Dia menyebut, mulai 13 September 2021, KAI Commuter menambahkan dua perjalanan KRL menjadi 227 perjalanan pada Lintas Bogor–Jakarta Kota PP (Lin Sentral), dan menambahkan tiga perjalanan menjadi 196 perjalanan pada lintas Bogor/Depok/Nambo–Angke/Jatinegara ( Lin Lingkar).

“KAI Commuter juga menambahkan enam perjalanan pada lintas Bekasi/Cikarang–Jakarta Kota PP [Lin Bekasi] menjadi 193 perjalanan dari sebelumnya 187 perjalanan,” tuturnya.

KAI Commuter juga menambahkan dua rangkaian KRL dengan jumlah 10 kereta dalam satu rangkaian (SF 10) pada lintas Rangkasbitung–Tanah Abang PP (Lin Rangkasbitung), karena telah dioperasikan jalur simpan KRL yang sebelumnya hanya 1 jalur menjadi 4 jalur simpan KRL.

Menurutnya, keberadaan jalur tersebut mampu mengoptimalkan KRL pemberangkatan dari Stasiun Rangkasbitung.

Sebelum adanya jalur tersebut, KAI Commuter mengoperasikan 207 perjalanan di Lin Rangkasbitung, sedangkan saat ini terdapat 210 perjalanan dan pada Gapeka 2021 diprogramkan hingga 237 perjalanan KRL.

“Layanan KRL sejak pagi hari awal minggu ini berjalan kondusif. Tren penambahan jumlah pengguna pada awal pekan juga berlanjut, namun dengan pengaturan yang ada dan kesadaran dari para pengguna, kereta masih terisi sesuai jumlah yang diizinkan,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl jabodetabek penumpang kereta
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top