Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Permintaan Meningkat, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jawa Tengah dan Sekitarnya Aman

PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak atau BBM untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam level aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mulai meningkat seiring dengan pulihnya kegiatan ekonomi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 18 Oktober 2021  |  15:48 WIB
Permintaan Meningkat, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jawa Tengah dan Sekitarnya Aman
Pengendara sepeda motor melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) disalah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memastikan stok bahan bakar minyak atau BBM untuk wilayah Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam level aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mulai meningkat seiring dengan pulihnya kegiatan ekonomi.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina Persero Brasto Galih Nugroho menjelaskan bahwa keberhasilan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak pada peningkatan kebutuhan BBM, termasuk BBM ritel dan industri di Jawa Tengah dan DIY.

Permintaan BBM ritel di Jawa Tengah dan Yogyakarta tercatat meningkat 20 persen jika dibandingkan dengan masa awal PPKM, sedangkan industri pertambangan naik 783 persen, sektor migas tumbuh 60 persen, dan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) naik 114 persen.

Peningkatan aktivitas masyarakat tecermin dalam peningkatan konsumsi BBM sektor ritel Pertamina di Jawa Tengah dan DIY pada kuartal III/2021 mencapai sekitar 4,4 juta kilo liter (KL), meningkat 6 persen jika dibandingkan dengan kuartal III/2020. Untuk BBM gasoline, terjadi peningkatan sekitar 4 persen, dan gasoil tumbuh hingga 11 persen.

“Bahkan untuk Solar subsidi, konsumsi hariannya sejak September 2021 mengalami peningkatan 17 persen dibandingkan dengan rerata harian di periode Januari–Agustus 2021 di wilayah Jawa Tengah dan DIY,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resmi, Senin (18/10/2021).

Di saat bersamaan, Pertamina juga terus melakukan edukasi dan aktivasi untuk meningkatkan konsumsi BBM diesel yang berkualitas, yaitu Dex Series. Hal itu terlihat dari konsumsi yang kian meningkat dari waktu ke waktu.

“Dalam kurun waktu 2020 hingga 2021, ada peningkatan konsumsi Dex Series yang signifikan hingga 17 persen di Regional Jawa Bagian Tengah, yang meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Brasto.

Menurutnya, peningkatan konsumsi Dex Series seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat sebagai konsumen terhadap penggunaan BBM yang berkualitas.

“Secara proporsi BBM gasoil, Dex Series di Regional Jawa Bagian Tengah terus alami peningkatan dalam 3 tahun terakhir, yaitu 2,9 persen pada 2019, 3,1 persen di 2020, dan 3,3 persen pada 2021,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina jawa tengah yogyakarta konsumsi bbm
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top