Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adaro Laksanakan Rehabilitasi DAS Bukit Menoreh

Keterlibatan Adaro dalam mengemban tugas dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) dalam melakukan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Bukit Menoreh, kawasan Borobudur, Jawa Tengah. merupakan salah satu bentuk kontribusi perseroan dalam menjaga lingkungan.
Presdir Adaro Energy Garibaldi Boy Thohir saat berkunjung ke redaksi Bisnis Indonesia, Kamis (15/10)/JibiPhoto-Endang Muchtar
Presdir Adaro Energy Garibaldi Boy Thohir saat berkunjung ke redaksi Bisnis Indonesia, Kamis (15/10)/JibiPhoto-Endang Muchtar

Bisnis.com,JAKARTA - PT Adaro Energy Tbk. siap mengemban tugas dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) dalam melakukan rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS) Bukit Menoreh, kawasan Borobudur, Jawa Tengah. Keterlibatan Adaro merupakan salah satu bentuk kontribusi perseroan dalam menjaga lingkungan.

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir menilai pulihnya vegetasi DAS ini sangat penting untuk membantu menjaga konservasi sumber daya air sekaligus sebagai pencegah bencana banjir. Adaro merupakan satu dari lima perusahaan yang melakukan rehabilitasi DAS seluas 1.656 hektare.

"PT Adaro Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan rehabilitasi DAS seluas 512 Ha di area Menoreh, Kab Magelang Jawa Tengah, siap untuk mensukseskan kegiatan ini. Dengan niat baik ini semoga semuanya dimudahkan dan membawa berkah bagi kita semua," ujarnya, Rabu (13/10).

Dia juga berharap langkah bersama ini akan meningkatkan percepatan pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan. Di masa mendatang, lanjutnya, para pemangku kepentingan dapat mewujudkan DAS yang lebih baik agar manfaatnya tidak hanya akan dirasakan masyarakat sekitar tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

"Selain itu, meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi DAS akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pada Selasa (12/10/2021), PT Adaro Indonesia yang diwakili oleh Direktur PT Adaro Indonesia - Priyadi  melakukan serah terima hasil penanaman rehabilitasi DAS kepada Plt Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK,  Helmi Basalamah di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Adaro juga merupakan salah satu dari lima perusahaan yang ditunjuk untuk mendukung Project Strategis Nasional yaitu kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan pada wilayah-wilayah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Dalam program ini Adaro akan melaksanakan rehabilitasi DAS seluas 512 Ha di area Menoreh, Kab Magelang Jawa Tengah.

Sementara itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya dan Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir menyaksikan acara tersebut secara virtual.

Garibaldi Thohir menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga Adaro sebagai pemegang IPPKH bisa menyerahkan hasil rehabilitasi DAS seluas 440.43 ha.

Pulihnya vegetasi DAS ini sangat penting untuk membantu menjaga konservasi sumberdaya air sekaligus sebagai pencegah bencana banjir.

Rehabilitasi DAS merupakan kewajiban dan menjadi komitmen bagi pemegang IPPKH. Di tengah pandemi pun Adaro memastikan rehabilitasi DAS tetap berjalan baik sebagai wujud komitmen kita bahwa perusahaan tidak hanya mengejar aspek keuntungan semata tetapi juga berupaya memberikan dampak baik ke lingkungan dengan memperbaiki lingkungan. Selain itu, meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam proses rehabilitasi DAS akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat  sehingga membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper