Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

London Tunjukan Komitmen Kerja Sama dengan RI di Sektor Green Financing

Inggris akan membantu transisi bagi negara-negara ke arah yang lebih berkelanjutan.
 the Lord Mayor of London William Russell/ Bloomberg
the Lord Mayor of London William Russell/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Inggris berkomitmen untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam hal pembiayaan hijau (green financing) seiring denegan pertemuannya dengan Menteri Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lord Mayor of London William Russell dalam wawancara eksklusif bersama Bisnis mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara Asean terbesar memberikan perhatian besar terhadap pembiayaan hijau.

Inggris akan membantu transisi bagi negara-negara ke arah yang lebih berkelanjutan. Dia mengaku senang Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pertemuan beberapa pekan lalu benar-benar memahami niat Inggris.

"Apa yang kita butuhkan sekarang adalah proyek-proyek berkelanjutan yang dapat membantu Indonesia untuk mencapai komitmen nol emisinya pada 2060 dan terus membantu transisi," katanya pada Selasa (28/9/2021).

Russell meyakinkan bahwa Inggris telah menyusun sumber dana hijau yang kuat seiring dengan penerbitan obligasi hijau belum lama ini senilai 15 miliar poundsterling.

Selain itu, Inggris juga telah mendukung pertumbuhan proyek hijau di negara seperti India melalui Climate Finance Leadership Initiative (CFLI). Lord Mayor mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan diajak kerja sama.

"Ada peluang besar untuk berkolaborasi seputar keberlanjutan dan saya pikir itu dapat menguntungkan Indonesia karena, seperti yang saya katakan, modal yang datang ke Indonesia untuk diinvestasikan dalam proyek-proyek berkelanjutan ini [sangat besar]," ujarnya.

Dia juga menyambut Indonesia untuk menerbitkan obligasi hijau di Bursa Efek London, pasar saham terbesar kedua setelah New York. London juga memiliki ekosistem keuangan yang lengkap di mana korporasi besar seperti manajemen aset hingga teknologi finansial memiliki dana yang besar untuk diinvestasikan.

Pemerintah Inggris telah menerbitkan Green Gilts untuk proyek pemerintah seperti bus tanpa emisi, tenaga angin lepas pantai, dan skema dekarbonisasi rumah dan bangunan pada tahun finansial ini.

Penerbitan tersebut seiring dengan presidensi Inggris dalam KTT PBB tentang iklim (COP26) pada November. Hal itu akan memperkuat komitmen Inggris untuk mengatasi tantangan lingkungan dan berperan dalam green financing.

William Russell merupakan Lord Mayor of London ke-692 yang bertugas sebagai duta besar pada sektor layanan keuangan Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper