Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I Tingkatkan Layanan di Pelabuhan Belawan

Pelindo I melakukan peningkatan layanan di Pelabuhan Belawan yang tergambar dari semakin rendahnya waktu tunggu kapal.
Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7)./Antara-Septianda Perdana
Penumpang KM Kelud dari Pulau Jawa dan Batam turun dari kapal saat tiba di Terminal Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, Senin (13/7)./Antara-Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I berhasil mencatatkan perbaikan layanan waktu tunggu kapal per Agustus 2021.

SVP Corporate Secretary Pelindo I Basuki Soleh menjelaskan tak hanya produktivitas bongkar muat, waktu pelayanan di Pelabuhan Belawan juga mengalami perbaikan terutama tergambar dari semakin rendahnya waktu tunggu kapal. Adanya perbaikan jumlah waktu sejak pengajuan permohonan tambat setelah kapal tiba di lokasi labuh sampai kapal digerakkan menuju tambatan.

"Waiting time di Pelabuhan Belawan sebesar 0,27 jam/kapal, turun sebesar 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau sebesar 0,32 Jam/kapal, lebih baik dari standar kinerja operasional kapal yang ditetapkan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, yaitu sebesar 1 jam/kapal,” jelasnya, Kamis (23/9/2021).

Dengan adanya perbaikan tersebut, perseroan berupaya meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan kepada pengguna jasanya, dengan meningkatkan standar kinerja pelayanan operasional pelabuhan. Upaya tersebut dilakukan di seluruh cabang pelabuhan yang dikelolanya termasuk di Pelabuhan Belawan, Terminal Petikemas Belawan (TPK Belawan) dan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT).

Hingga Agustus 2021, produktivitas bongkar muat Pelabuhan Belawan terus mengalami peningkatan, seperti produktivitas bongkar muat curah kering melalui conveyor, sebesar 409,96 T/C/H meningkat sebesar 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 372,78 T/C/H. Begitu juga dengan produktivitas curah cair melalui pipa terpadu sebesar 179,21 T/P/H meningkat sebesar 6,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 168,11 T/P/H.

Pelabuhan Belawan memiliki layanan bisnis utama berupa pelayanan kapal, terdiri dari layanan tambat, pemanduan, penundaan. Pelayanan barang, terdiri dari kegiatan stevedoring, cargodoring, receiving/delivery. Pelabuhan umum terdiri dari terminal cargo, terminal curah kering, terminal curah cair, terminal penumpang, dan car terminal, serta jasa kepelabuhanan lainnya, seperti penyewaan tanah dan bangunan, pengusahaan air dan listrik, pengusahaan alat, dan lainnya.

Dalam menjalankan layanan bisnisnya, Pelindo 1 Cabang Belawan berkomitmen untuk melayani setiap permohonan dari pengguna jasa sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada.

Adapun, untuk terminal petikemas di Sumatera Utara, Pelindo 1 memiliki TPK Belawan, TPK Belawan Fase II dan KTMT. Performa produktivitas bongkar muat petikemas di TPK Belawan dan KTMT juga terus meningkat.

Selama Agustus 2021, kinerja produktivitas TPK Belawan untuk terminal internasional mencapai 25 B/C/H (Box/Crane/Hour) dan 50 B/S/H (Box/Ship/Hour), dan terminal domestik 23 B/C/H dan 48 B/S/H. Produktivitas di kedua terminal tersebut berada di atas standar kinerja pelayanan operasional yang ditetapkan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, sesuai SK Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Nomor.HK 206/1/7/OP.BLW-2021 tanggal 4 Januari 2021, yaitu sebesar 23 B/C/H dan 34 B/S/H untuk terminal internasional serta 21 B/C/H dan 32 B/S/H untuk terminal domestik.

Produktivitas KTMT pada Agustus 2021 sebesar 23 B/C/H dan 35 B/S/H, melampaui standar kinerja pelayanan operasional yang ditetapkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Tanjung, sesuai SK Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Tanjung Nomor.HK 107/1/8/KSOP.KTG-2018 pada 29 Oktober 2018, yaitu sebesar 23 B/C/H dan 28 B/S/H.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper