Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerapan Euro 4, Pertamina Mulai Salurkan Bahan Bakar Diesel Ramah Lingkungan

PT Pertamina Patra Niaga mulai menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamina DEX sulfur 50 part per million (PPM) kepada industri yang ada di Integrated Terminal Jakarta-Plumpang.
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina di Sumsel. istimewa
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina di Sumsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga mulai menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamina DEX sulfur 50 part per million (PPM) kepada industri yang ada di Integrated Terminal Jakarta-Plumpang.

Waljiyanto, Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga, mengatakan bahwa penyaluran Pertamina Dex sulfur 50 PPM itu merupakan langkah perusahaan mengimplementasikan aturan terkait Euro 4.

“Pertamina Dex Sulfur 50 PPM adalah bahan bakar diesel kualitas tinggi dengan cetane number tertinggi 53 dengan sulfur content 50 PPM yang menjaga lingkungan dengan standar Euro 4 hasil produk kilang dalam negeri,” katanya melalui keterangan resmi, Jumat (17/9/2021).

Dia menuturkan, Pertamina Dex Sulfur 50 PPM bisa membuat mesin lebih tahan lama dan tangguh, karena kandungan sulfurnya yang sangat rendah.

Waljiyanto juga menjelaskan, Integrated Terminal Jakarta memperoleh pasokan Pertamina Dex Sulfur 50 PPM dari Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai. Setelah itu, Kilang Balongan dan Balikpapan juga akan mengirimkan pasokan BBM jenis yang sama.

“Dengan kapasitas tangki sebesar 11 juta liter, produk BBM industri Pertamina Dex 50 Sulfur PPM ini kemudian disalurkan menuju Agen Tunggal Pemegang Merek, industri otomotif dan produsen peralatan asli /original engine manufacturer di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,” ujarnya.

Nantinya, secara bertahap masyarakat dapat menikmati produk Dex Sulfur 50 PPM yang ramah lingkungan dan kompatibel dengan mesin kendaraan diesel terkini melalui outlet SPBU di wilayah Jawa Bagian Barat.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, saat ini produk Pertamina Dex Sulfur 50 PPM baru tersedia di Integrated Terminal Jakarta-Plumpang, dan secara bertahap akan tersedia di beberapa lokasi fuel terminal wilayah Jawa Bagian Barat lainnya.

Sementara itu, Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia  Kristijanto mengatakan bahwa pihaknya menetapkan Pertamina Dex sebagai bahan bakar standard factory filling.

Factory filling sendiri adalah pengisian bahan bakar untuk kendaraan sebelum disampaikan kepada konsumen.

“Selama ini, Hino terus mengedukasi pelanggannya agar menggunakan Pertamina Dex, karena Dex merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang lebih bersih, dan membuat performa Hino menjadi lebih bagus di lapangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper