Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPCM Tandatangani MoU Penyediaan dan Pelayanan Kapal Dengan Pelindo Marine Service

penandatanganan nota kesepahaman bertujuan untuk menjalin sinergi positif kedua belah pihak dalam memberikan kontribusi pelayanan kapal yang optimal.
Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf dan Direktur Utama Pelindo Marines, Umarmelakukan penandatanganan MoU penyediaan dan/atau pelayanan kapal di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (9/9).
Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf dan Direktur Utama Pelindo Marines, Umarmelakukan penandatanganan MoU penyediaan dan/atau pelayanan kapal di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (9/9).

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan anak usaha PT Pelindo III (Persero), yakni PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marines) mengenai penyediaan dan/atau pelayanan kapal.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf dan Direktur Utama Pelindo Marines, Umar yang disaksikan oleh Dewan Komisaris IPCM di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (9/9).

Ruang lingkup pada nota kesepahaman ini meliputi inventarisasi terhadap potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Selain itu, akan dilakukan sejumlah kajian yang berkaitan dengan kerjasama, baik dari aspek finansial, teknis, komersial, hukum dan aspek lainnya.

Direktur Utama IPCM Amri Yusuf, saat berkunjung ke Kantor Pelindo Marines, menerangkan bahwa penandatanganan nota kesepahaman bertujuan untuk menjalin sinergi positif kedua belah pihak dalam memberikan kontribusi pelayanan kapal yang optimal.

“IPCM dan Pelindo Marines sebagai anak usaha BUMN yang bergerak di area bisnis yang sama akan memiliki sinergi yang saling melengkapi. Secara teknis implementasi kerjasama ini akan mengambil beberapa bentuk seperti knowledge sharing, layanan kapal dan perluasan pasar,” ujarnya seperti siaran resmi, Kamis (9/9).

Menurutnya, sebagai bagian dari keluarga besar Pelindo, IPCM berkepentingan untuk ikut mensukseskan rencana besar integrasi Pelindo. “Prinsip sinergi yang kami bangun adalah prinsip tumbuh bersama menjadi bagian untuk mewujudkan dan memperkuat ekosistem logistik nasional” ujarnya.

Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan rangkaian kunjungan lapangan ke area fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal (Fasharkan) Pelindo Marines.

Pelindo Marines merupakan anak usaha Pelindo III yang bergerak di bidang pelayanan penundaan kapal, operator kapal pandu, dan fasilitas pemeliharan dan perbaikan kapal.

Direktur Utama Pelindo Marines, Umar, menyatakan bahwa dengan jenis pelayanan yang beragam, saat ini Pelindo Marines tak hanya beroperasi di wilayah kerja Pelindo III, namun mulai perluasan pasar hingga ke Sangatta, perairan Madura, dan perairan internasional Selat Malaka.

“Kami siap memberi dukungan penuh pada proses sinergi yang akan dilakukan bersama dengan IPCM. Kerja sama ini akan meningkatkan kolaborasi kompetensi dan tukar pengalaman masing-masing, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perluasan pasar bersama dengan efisien, serta memberikan nilai tambah pada pelayanan ke pengguna  jasa marine,” kata Umar.

Dirinya menambahkan, bahwa kedua perusahaan akan mempersiapkan perangkat- perangkat hukum yang diperlukan atas pelaksanaan kerja sama tersebut. "Setiap langkah dalam proses sinergi diharapkan berjalan sesuai kepatuhan pada regulasi terkait dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik," tambahnya.

Ditandatanganinya MoU ini menjadi momentum awal sinergi dua perusahaan layanan marine dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kementerian BUMN yaitu Pelindo Bersatu. Harapan kedepan, kolaborasi IPCM dan Pelindo Marines dapat memperkuat dan meningkatkan nilai tambah di bidang logistik maritim Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper