Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Lahan Memadai, BSDE Ikut Lirik Bisnis Pusat Data

PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) memastikan langkahnya untuk masuk ke dalam bisnis pusat data atau data center di Indonesia dengan menggandeng beberapa mitra strategis.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 07 September 2021  |  14:01 WIB
Tengara BSD City di kawasan Bumi Serpong Damai. BSD City merupakan salah satu proyek yang digarap oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk. - bsdcity.com
Tengara BSD City di kawasan Bumi Serpong Damai. BSD City merupakan salah satu proyek yang digarap oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk. - bsdcity.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) memastikan langkahnya untuk masuk ke dalam bisnis pusat data atau data center di Indonesia dengan menggandeng beberapa mitra strategis.

Presiden Direktur BSDE Franciscus Xaverius Ridwan Darmali mengatakan bahwa saat ini perseroan sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa mitra strategis terkait rencana investasi di bisnis pusat data.

“Sejauh ini kami sudah ada pembicaraan dengan beberapa strategic partner untuk bersama-sama berinvestasi di bisnis data center,” ujarnya dalam paparan publik live 2021, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, pusat data merupakan salah satu komponen dari seluruh tatanan platform digital yang penting saat ini, dan membutuhkan investasi cukup besar, serta dioperasikan dengan cara sangat khusus.

“Dengan demikian, ini akan menjadi satu hal yang penting kalau kami juga berinvestasi dalam bidang ini. Sejauh ini memang kami dalam pembicaraan,” kata Ridwan.

Sekretaris Perusahaan BSDE Christy Grasella menuturkan bahwa saat ini pihaknya masih dalam proses review terkait dengan investasi di bisnis data center.

Dia memastikan bahwa informasi terkait pengembangan bisnis pusat data akan disampaikan ke publik apabila sudah memiliki titik terang.

“Kami masih dalam proses review, akan segera kami update ke publik jika sudah ada titik terang dan konfirmasi secara final,” ucap Christy.

Meski begitu, pihaknya tak memungkiri jika bisnis pusat data sedang tren. Sebagai pengembang properti, pihaknya bisa berperan dalam penyediaan lahan untuk bisnis pusat data. Apalagi, BSDE dianggap memiliki kapabilitas untuk menyiapkan lahan untuk bisnis tersebut.

Landbank BSDE sudah cukup, karena total konsolidasi sebesar 4.300 hektare. Sekitar 2.300 hektare terletak di BSD City, dan ini memberi peluang bagi investor data center untuk meninjau lebih lanjut kemana mereka akan investasi. Peluang bisnis akan terima baik,” tuturnya.

Untuk diketahui, Sinar Mas Group juga sebelumnya mengembangkan kawasan Digital Hub di BSD City yang membebaskan para startup, tech leader, dan komunitas digital untuk berinovasi.

Sinar Mas Group memberikan pendampingan ide bisnis hingga permodalan untuk terus menggerakkan startup, sehingga bisa berdampak besar bagi sektor lain.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti data center bumi serpong damai
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top