Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Pemenang Lelang 2 Blok Migas, Pertamina Ditawari Jatah Istimewa

Berdasarkan hasil penilaian atas dokumen partisipasi dari peserta lelang, Kementerian ESDM telah menetapkan 2 pemenang untuk 2 dari 4 wilayah kerja yang ditawarkan.
Kapal pengangkut minyak Pertamina Prime. /Istimewa
Kapal pengangkut minyak Pertamina Prime. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) akan mendapatkan hak istimewa (privilege) dalam menggarap blok minyak dan gas bumi pada 2 wilayah kerja minyak dan gas bumi yang telah berhasil dilelang.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tutuka Aridji mengatakan Pertamina kedua wilayah kerja (WK) tersebut adalah South CPP dan Liman.

“Dalam kaitannya dengan privilege Pertamina dalam bisnis hulu migas, Pertamina akan memiliki hak untuk penawaran 15 persen PI sejalan dengan proficient dan procedure yang ada di dokumen lelang wilayah kerja South CPP dan Liman,” ujarnya dalam penutupan acara IPA Convex 2021, Jumat (3/9/2021).

Adapun Kementerian ESDM telah menetapkan 2 pemenang lelang penawaran langsung WK minyak dan gas bumi tahap I 2021.

Tutuka menjelaskan, jumlah WK migas yang ditawarkan dalam lelang penawaran langsung ini sebanyak 4 WK yaitu South CPP, Sumbagsel, Rangkas dan Liman.

Berdasarkan hasil penilaian atas dokumen partisipasi dari peserta lelang, selanjutnya telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ditentukan 2 pemenang untuk 2 dari 4 WK yang ditawarkan.

PT Energi Mega Persada Tbk. ditetapkan sebagai pemenang lelang WK South CPP dengan komitmen pasti 3 tahun pertama yakni studi G & G, seismik 2D 500 km, seismik 3D 50 km2, 1 Sumur Eksplorasi. Total nilai komitmen pasti 3 tahun pertama US$13,6 juta dan bonus tanda tangan US$500.000.

Sementara itu, Husky Energy International Corporation ditetapkan sebagai pemenang lelang untuk WK Liman dengan komitmen pasti 3 tahun pertama yaitu Studi G & G, Seismik 2D 400 km . Total komitmen pasti seniali US$6,7 juta dan bonus tanda tangan US$200.000.

“Jumlah total investasi komitmen pasti dari 2 WK tersebut adalah sebesar US$20,3 juta dan bonus tanda tangan sebesar US$700.000,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper