Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif KA Bandara YIA, Stasiun Wates-Tugu PP Cuma Rp10.000

Masyarakat sudah bisa mulai menggunakan KA Bandara YIA dengan tarif Rp10.000 untuk rute Stasiun Wates-Stasiun Tugu PP.
KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). /Dok. BKIP Kemenhub
KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). /Dok. BKIP Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang direncanakan beroperasi pada September 2021 dapat dimanfaatkan juga oleh masyarakat yang hendak pergi ke Yogyakarta dari Stasiun Wates.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Supandi mengatakan untuk tahap awal operasi secara komersial, akan diberlakukan tarif senilai Rp10.000 untuk rute Stasiun Wates-Stasiun Tugu PP.

"Tarif ini mendapat subsidi dari pemerintah melalui skema Publik Service Obligation [PSO]," ujarnya, Selasa (31/8/2021).

Dia menyebut dari sisi prasarana yang menjadi tugas DJKA, sejauh ini progres pembangunan KA Bandara YIA tersebut telah selesai semua dan secara aturan sudah bisa dioperasikan.

Kendati begitu, menurutnya masih ada beberapa fasilitas pendukung yang sedang diselesaikan dan akan dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI selaku operator.

"Saat ini PT KAI selaku operator sedang melakukan uji coba untuk melihat kehandalan sarana dan prasarana serta semua sistem, termasuk fasilitas checking, tiketing gate, dan fasilitas lain di Stasiun KA Bandara YIA," jelasnya.

Pembangunan jalur KA Bandara YIA yang telah dimulai sejak Desember 2019 ini telah diresmikan oleh Kementerian Perhubungan, Kemenko Maritim dan Investasi, serta Pemerintah Daerah pada 27 Agustus 2021.

Rencananya, KA Bandara ini beroperasi secara komersial pada September 2021 dengan tarif promo sebesar Rp20.000 untuk perjalanan dari dan ke Bandara YIA. Tarif ini sudah mendapat subsidi dari pemerintah melalui skema PSO.

Kehadiran KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA menjadi hanya 40 menit dari sebelumnya 90 menit menggunakan transportasi darat lain.

Namun KA yang akan melewati jalur Stasiun Tugu-Stasiun Bandara YIA ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat yang hendak pergi ke Yogyakarta dari Stasiun Wates, karena kereta juga berhenti di stasiun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper