Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes: Ini Progres Booster Vaksin Covid-19 Buat Nakes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut sebanyak 450.000 nakes sudah mendapatkan booster vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Istimewa
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sekitar 34 persen atau 450.000 tenaga kesehatan di Tanah Air sudah mendapatkan suntikan ketiga vaksin Covid-19 per hari ini, Rabu (25/8/2021).

"Tenaga kesehatan di Provinsi Bali menjadi yang paling banyak mendapatkan suntikan ketiga vaksin Covid-19 dengan persentase 64 persen. Di susul Kepulauan Riau sebanyak 52 persen, Kalimantan Tengah 49 persen, Kalimantan Barat 48 persen, Jawa Timur 45 persen, dan DKI Jakarta 45 persen," ujarnya, Rabu (25/8/2021).

Budi mengatakan penerimaan tenaga kesehatan terhadap vaksin ketiga dinilai sudah jauh lebih tinggi. Awalnya, penerimaan tenaga kesehatan terhadap suntikan ketiga vaksin Covid-19 dikatakan masih rendah disebabkan ketakutan akan efek samping.

Adapun, efek samping yang menjadi alasan penolakan sebagian tenaga kesehatan adalah perbedaan merek vaksin yang disuntikkan. Terkait dengan hal itu, Budi mengatakan pemerintah membuka opsi memberikan booster menggunakan vaksin dengan platform yang sama.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, suntikan ketiga hanya diperuntukkan kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang berusia 18 tahun ke atas, serta telah mendapatkan 2 kali suntikan vaksin.

Suntikan ketiga atau booster vaksin Covid-19 terhadap tenaga kesehatan dapat menggunakan platform yang sama yakni Sinovac, maupun platform yang berbeda, yaitu Moderna.

Terkait dengan ketentuan pelaksanaan suntikan booster vaksin Covid-19 di Tanah Air, pimpinan fasilitas kesehatan telah menandatangani pakta integritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper