Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Kunjung Selesai, DPR Minta BPH Migas Tentukan Nasib Proyek Cisem

Kelanjutan proyek Cisem sampai dengan saat ini masih belum menemui titik terang, Kementerian ESDM telah merencanakan pembangunan proyek itu pada tahun depan dengan menggunakan APBN.
pipa gas./ANTARA
pipa gas./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat meminta kepada seluruh anggota komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi yang baru dilantik untuk segera menentukan kelanjutan dari proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi ruas Cirebon-Semarang.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengatakan BPH Migas perlu segera berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam mencari jalan tengah keberlanjutan proyek Cisem yang juga tak kunjung selesai.

"Saya kira saat ini komite BPH Migas yang baru saja dilantik kami anjurkan untuk segera berkoordinasi dengan Kementerian ESDM untuk menentukan langkah terbaik langkah tercepat dan langkah paling efisien untuk menentukan pendanaan serta proses pembangungan pipa Cisem," katanya kepada Bisnis, Kamis (12/8/2021).

Kelanjutan proyek Cisem sampai dengan saat ini masih belum menemui titik terang, Kementerian ESDM telah merencanakan pembangunan proyek itu pada tahun depan dengan menggunakan APBN. Pembangunan pipa Cisem telah dianggarkan dalam pagu anggaran Ditjen Migas Kementerian ESDM pada 2022.

Untuk membangun proyek itu, pemerintah menganggarkan investasi senilai Rp1 triliun. Pada tahun anggaran 2022 Kementerian ESDM akan membangun tahap Semarang-Batang sepanjang 84 kilometer dengan total anggaran Rp1 triliun dan dilanjutkan pada tahun anggaran 2023 dengan pembangunan tahap Batang-Cirebon sepanjang 153 km dengan estimasi anggaran Rp1,89 triliun.

Namun, BPH Migas masih menjalankan proses proyek tersebut karena mengacu pada Surat Keputusan Kepala BPH NO06/KT/BPH Migas/KOM/2021 pada 15 Maret 2021.

PT Bakrie & Brothers Tbk. sebagai pemenang lelang kedua yang menggantikan PT Rekayasa Industri dalam proyek itu telah melimpahkan dokumen feasibility study, front-end engineering design (FEED), serta gas transportation agreement (GTA) dengan shipper.

Sidang komite BPH Migas untuk menilai dokumen yang diberikan BNBR pun masih berlangsung sampai dengan bulan ini sebelum pergantian anggota komite yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper