Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Promosikan Kopi di Ajang Lomba Top Barista di Mesir

Pada acara lomba Top Barista ini, beberapa top barista dari perusahaan kopi Mesir ikut berpartisipasi dan menggunakan produk produk kopi Indonesia yang sudah diracik dan dikemas ala Mesir.
KBRI Cairo kembali berpartisipasi dalam lomba Top Barista./istimewa
KBRI Cairo kembali berpartisipasi dalam lomba Top Barista./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui KBRI Cairo berkomitmen secara maksimal menggunakan pendekatan diplomasi kopi dalam rangka mengenalkan komoditas kopi unggulan kepada warga Mesir.

Belum lama berselang penyelenggaraan Diplomasi Kopi baik di Cairo maupun di kota-kota lainnya di Mesir, KBRI Cairo kembali berpartisipasi dalam Festival Kopi yang ditandai dengan dibukanya lomba Top Barista yang menghadirkan para Barista kopi Mesir papan atas.

"Ini benar-benar waktu yang tepat untuk memperkenalkan kopi Indonesia dalam Ajang lomba Top Barista. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, para pelaku bisnis Kopi Mesir bisa tetap agresif mengimpor kopi terbaik Indonesia dengan berbagai ragam aroma dan citarasanya,” kata Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (8/8/2021).

Lomba Top Barista digelar dalam rangkaian Festival Kopi pada 5-7 Agustus 2021 di Hotel Tolip Al Nagres, New Cairo.

Ia juga mengharapkan agar pengusaha kopi yang hadir selain tetap menikmati kopi-kopi Indonesia yang berasal dari Sumatera, Jawa dan Sulawesi, juga dapat mengambil kesempatan untuk mencoba kopi Papua.

Kopi Papua memiliki aroma dan cita rasa tersendiri dengan varietas Kopi Baliem, Kopi Moanemani, Kopi Amungme, dan Kopi Pegunungan Bintang.

Ehab Fayoumi selaku penyelenggara dan CEO Fayoumi Coffee yang berdiri sejak 1938 menjelaskan Festival Kopi ini akan terus dikembangkan untuk memperkenalkan lebih banyak lagi varian kopi dunia, termasuk dari Indonesia.

Pada acara lomba Barista ini, beberapa top barista dari perusahaan kopi Mesir ikut berpartisipasi dan menggunakan produk produk kopi Indonesia yang sudah diracik dan dikemas ala Mesir yang diolah dengan campuran rempah rempah.

"Fayoumi mengimpor 70 persen kopi yang berasal dari Indonesia dari total impor dari dunia,” jelasnya.

Menurutnya, festival ini merupakan perayaan bersama perjalanan rasa para pencinta kopi dengan menghadirkan beberapa perusahaan kopi diantaranya El Ameed Coffee, el Fayoumi Coffee, Espresso Coffee club, el Malik Shaleh Abdel Ma'bud, Alpacino coffee, Three Corners Coffee, Latazza Coffee, dan Cafe Milano.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ekspor kopi ke Mesir telah mencapai lebih dari 18.000 ton selama Januari-Mei 2021 atau hampir 60 persen dari total volume ekspor kopi sepanjang tahun lalu.

Sebaliknya, nilai ekspor kopi Indonesia ke Mesir telah mencapai US$31,22 juta atau naik 38,74 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$22,48 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper