Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Kucurkan Rp26,5 Triliun untuk Bayar Subsidi dan Stimulus Listrik ke PLN

Subsidi listrik dalam APBN 2021 dianggarkan sebesar Rp53,59 triliun yang disalurkan kepada 38,33 juta pelanggan.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 22 Juli 2021  |  15:41 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi pembayaran subsidi dan stimulus listrik tahun ini kepada PT PLN (Persero) telah mencapai Rp26,5 triliun.

“Terkait realisasi pembayaran subsidi listrik sampai Mei 2021 sebanyak Rp19,76 triliun, dan stimulus listrik sampai dengan semester I/2021 sebesar Rp6,74 triliun,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari dalam sebuah webinar, Kamis (22/7/2021).

Ida memaparkan bahwa subsidi listrik dalam APBN 2021 dianggarkan sebesar Rp53,59 triliun yang disalurkan kepada 38,33 juta pelanggan.

Anggaran itu belum termasuk pemberian stimulus ketenagalistrikan yang diberikan kepada masyarakat dan pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19.

Pemerintah telah memutuskan memperpanjang stimulus program ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik, pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen 50 persen, serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum 50 persen hingga Desember 2021.

Untuk menjalankan program bantuan tersebut, pemerintah memperkirakan kebutuhan dana untuk program stimulus ketenagalistrikan sepanjang 2021 mencapai Rp11,72 triliun.

Ida berharap perpanjangan program stimulus ini dapat meringankan beban masyarakat dan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Kami berharap stimulus listrik dan PPKM tidak berlangsung lama, tidak lewat tahun. Perpanjangan stimulus ini kita tahu juga jadi beban APBN tersendiri. Kami berharap masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari yang telah diperbuat pemerintah,” kata Ida.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian esdm subsidi listrik
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top