Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Tambah 7.116 Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, Rumah Susun Pasar Rumput, dan Paviliun RSCM, Kementerian PUPR juga menyiapkan rumah sakit di daerah.
Asrama Haji Pondok Gede./Antara
Asrama Haji Pondok Gede./Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah menambah 7.116 tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 di Paviliun Kirana Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Susun Pasar Rumput, dan Asrama Haji Pondok Gede.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya menggunakan gedung A, B, C, H, dan D5 di Asrama Haji Pondok Gede untuk merawat pasien Covid-19.

Kelima gedung tersebut memiliki kapasitas 774 tempat tidur, dan saat ini sudah ada 40 pasien yang ditempatkan di gedung A.

Dia menuturkan, Rumah Sakit Asrama Haji hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas.

“Jadi jangan salah. Ini saya hanya lihat di spanduk, tidak bisa langsung ke sana tanpa rujukan dari puskesmas atau rumah sakit, karena ini hanya untuk pasien bergejala ringan sampai sedang, di sana tidak ada ICU, tapi hanya ada high care unit,” katanya, Senin (12/7/2021).

Basuki menyebut, penyiapan Gedung B Asrama Haji sebagai tempat penanganan pasien Covid-19 ditargetkan selesai 12 Juli 2021 dan mulai dioperasikan pada pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya gedung C dan A rencananya akan siap dioperasikan pada Selasa 13 Juli 2021, sedangkan gedung D5 diharapkan rampung pada Kamis 15 Juli 2021.

“Jadi semua ini adalah di asrama haji, termasuk di Gedung D3 dan D4 untuk para nakes [tenaga kesehatan],” ujarnya.

Di samping menyiapkan ruang perawatan, Kementerian PUPR juga memasang tangki oksigen cair untuk mendukung penanganan pasien.

“Hari ini akan selesai kami install, karena baru tadi malam pukul 23.00 WIB masuk dari Cilegon, sehingga langsung kami instal pada hari ini. Mudah-mudahan malam nanti selesai,” ucapnya.

Adapun Rumah Susun Pasar Rumput yang telah ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo memiliki kapasitas 5.952 tempat tidur pasien.

“Tower 1 sudah siap dioperasikan karena sudah disiapkan, termasuk alat kesehatan dan tempat tidurnya. Kemudian untuk Tower 2 dan 3 sudah siap prasarananya. Pagi tadi mulai masuk tempat tidurnya dan alkesnya,” kata Basuki.

Dia memerinci, Tower 1 memiliki 689 ruangan dengan kapasitas total 2.067 tempat tidur, Tower 2 606 ruangan dengan kapasitas total 1.818 tempat tidur, dan Tower 3 memiliki 689 ruangan dengan kapasitas total 2.067 tempat tidur.

Selain itu, Kementerian PUPR juga mendapat tugas untuk menyiapkan Paviliun Kirana RSCM menjadi Rumah Sakit Penanganan Covid-19.

“Yaitu di lantai 3, 4, dan 5, serta lantai 8, 9, 10 dengan total 390 tempat tidur nantinya. Ini agak berat, karena memang rumah sakit yang belum selesai sejak tahun 2011 dan masih banyak kekurangan, akan kami selesaikan,” ucapnya.

Kementerian PUPR, menurut Basuki, hanya diberi waktu tiga minggu untuk menyiapkan fasilitas penanganan pasien Covid-19 di RSCM.

Selain di ketiga tempat tersebut, Kementerian PUPR juga menyiapkan rumah sakit di daerah. “Kami akan siap melaksanakan sesuai dengan perintah dari BNPB dan Menteri Kesehatan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper