Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100 Hari Menuju Pembukaan Kembali, Thailand Justru Rencanakan Lockdown

Pemerintah Thailand akan mempertimbangkan lockdown sebagian wilayah yang paling parah terkena virus untuk menekan gelombang infeksi Covid-19.
Ilustrasi: Wisatawan di Bangkok, Thailand/REUTERS-Erik De Castro
Ilustrasi: Wisatawan di Bangkok, Thailand/REUTERS-Erik De Castro

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana pembukaan kembali Thailand yang ditargetkan dalam 100 hari mungkin harus tertunda karena gelombang baru infeksi virus corona yang mencapai 10 kali lipat. Pemerintah Thailand akan mempertimbangkan penguncian sebagian wilayah yang terkena virus terburuk di negara itu, termasuk ibu kota Bangkok, untuk menekan gelombang infeksi paling mematikan.

Sekretaris Tetap Kesehatan Masyarakat Kiattiphum Wongrajit mengatakan gugus tugas nasional akan bertemu pada Jumat (9/7/2021) untuk memutuskan proposal Kementerian Kesehatan untuk perintah tinggal di rumah dan larangan perjalanan antarprovinsi.

Sementara bisnis dan layanan penting seperti pasar makanan dan rumah sakit mungkin diizinkan untuk beroperasi, orang akan dilarang bepergian untuk kegiatan yang tidak penting.

Dorongan untuk langkah-langkah pembatasan yang lebih ketat mengikuti lonjakan infeksi 10 kali lipat sejak awal April yang mengancam akan menggagalkan janji Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha untuk membuka kembali negara itu sepenuhnya dalam waktu sekitar 100 hari.

Pakar kesehatan telah menyerukan tindakan penahanan yang ketat, dengan mengatakan varian delta yang lebih menular akan menyebabkan lonjakan infeksi dan kematian di tengah tingkat vaksinasi yang rendah.

Thailand, negara pertama di luar China yang melaporkan infeksi Covid-19, telah berjuang untuk membendung pandemi setelah keberhasilan awalnya memerangi virus tahun lalu, ketika memberlakukan penguncian keras. Namun, hal itu melumpuhkan industri pariwisata yang sangat penting dan menjerumuskan ekonomi ke dalam kinerja terburuknya dalam lebih dari dua dekade.

Prayuth ingin menghindari kerusakan lebih lanjut pada pekerjaan dan industri, dan sekarang mendorong pembukaan kembali lebih awal.

Dengan varian delta yang sekarang menyebar ke seluruh kawasan, ada tekanan yang semakin besar pada para pemimpin Asean, seperti Prayuth dan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk memberlakukan tindakan yang lebih ketat.

"Penguncian yang ketat adalah satu-satunya jalan keluar. Ini mungkin merugikan ekonomi sekarang, tetapi segalanya akan lebih baik dalam jangka panjang begitu kita dapat menahan penyebarannya,” kata Anan Jongkaewwattana, seorang ahli virologi molekuler dan direktur unit penelitian di Pusat Nasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi.

Bulan lalu, Prayuth menetapkan tenggat 120 hari untuk sepenuhnya membuka Thailand bagi pengunjung asing yang divaksinasi. Menurutnya upaya itu merupakan risiko yang diperhitungkan untuk mengurangi pukulan terhadap industri pariwisata yang telah kehilangan penghasilan.

Dia ingin industri pariwisata yang menyumbang sekitar 20 persen terhadap produk domestik bruto pra-pandemi, kembali beroperasi.

"Jika situasi ini berlanjut, wabah Thailand akan lebih buruk daripada Indonesia secara per kapita, dengan sebanyak 20.000 kasus per hari dalam beberapa bulan ke depan,” kata Anan.

Upaya vaksinasi yang lambat, yang sebagian besar bergantung pada suntikan dari AstraZeneca Plc dan Sinovac Biotech Ltd., telah menghambat upaya untuk menahan penyebaran virus. Thailand telah memberikan sekitar 11,3 juta suntikan vaksin, mencakup sekitar 8 persen dari populasinya.

Wabah yang memburuk juga telah merusak kepercayaan investor dengan ekuitas dan mata uang negara yang menanggung beban terbesar. Baht diperdagangkan pada level terendah 14 bulan terhadap dolar, sementara indeks saham SET jatuh lebih dari 4 persen dari level tertinggi 19 bulan yang dicapai pada pertengahan Juni.

Koraphat Vorachet, ahli strategi di Capital Nomura Securities Pcl yang berbasis di Bangkok, menyarankan klien untuk selektif dalam investasi mereka mengingat ketidakpastian karena pandemi. Model pembukaan kembali Phuket perlu diawasi dengan cermat karena wabah besar Covid-19 di pulau resor itu akan menyebabkan penangguhan kegiatan dan menunda pemulihan.

Perusahaan-perusahaan Thailand juga mewaspadai pembukaan kembali yang terburu-buru tanpa sepenuhnya mengendalikan wabah. Mayoritas kepala eksekutif yang disurvei oleh Federasi Industri Thailand ingin pemerintah membuka kembali negara itu hanya ketika infeksi baru turun secara signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper