Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Durian Malaysia jadi Primadona Pesta Belanja di China

Varietas terlaris di festival 618 JD.com adalah durian Sultan dari negara bagian Pahang. Penjualannya bahkan melebihi es krim dan buah persik.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 16 Juni 2021  |  10:06 WIB
Durian Malaysia jadi Primadona Pesta Belanja di China
Ilustrasi buah durian - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Durian Malaysia menduduki puncak prapesan buah dan sayuran di festival ritel besar China, menunjukkan daya tarik dari kelezatannya yang tajam.

Varietas terlaris di festival 618 JD.com adalah durian Sultan dari negara bagian Pahang. Penjualannya bahkan melebihi es krim dan buah persik.

Dengan daging seperti puding krim dan bau yang kuat, buah berduri itu telah melonjak popularitasnya di China. Impor durian segar meningkat empat kali lipat menjadi US$2,3 miliar tahun lalu dari 2017, menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa. Durian juga menyalip buah ceri untuk menjadi impor buah nomor satu di negara itu berdasarkan nilai pada 2019.

Meskipun objek wisata pertanian Malaysia yang biasa dikunjungi wisatawan China saat ini terhenti karena pembatasan perjalanan, diplomasi durian masih berjalan kuat. MAPC Sdn. Bhd., pemasok durian terbesar Malaysia yang mengekspor sekitar 90 persen buahnya ke China, telah mendirikan tujuh pusat untuk mempromosikan varietas Musang King di kota-kota China tingkat kedua dan ketiga selama setahun terakhir.

Tahun ini, Presiden Asosiasi Eksportir Durian Malaysia Sam Tan mengungkapkan perusahaan akan menambah 15 pusat lagi untuk memikat lebih banyak konsumen dengan sampel gratis.

“Kurang dari 10 persen penduduk China pernah mencicipi durian Malaysia,” katanya, dilansir Bloomberg, Rabu (16/6/2021).

Dia melanjutkan dengan lebih banyak petani yang bergabung dengan industri ini, pasokan diharapkan meningkat setidaknya 50 persen per tahun.

Tidak seperti petani Thailand yang memetik durian dari pohon pada kematangan 85 persen untuk memperpanjang periode penyimpanan, petani Malaysia biasanya menunggu buah matang dan jatuh ke tanah.

Malaysia dulu mengirim duriannya ke China hanya sebagai bubur dan pasta, tetapi mendapat persetujuan untuk mengekspor buah beku pada 2019. Dicontohkan oleh varietas premium seperti Sultan dan Musang King, buah matang memiliki reputasi kualitas dan dicari oleh para pecinta durian.

“Memanen saat durian jatuh telah menjadi tradisi kami sejak 1950-an. Perhatian utama kami adalah memastikan kualitas dan rasa. Permintaan durian kami sudah jauh melebihi pasokan kami,” kata Wilson Chang, petani durian generasi kedua di negara bagian Pahang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china malaysia durian
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top