Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DAMRI Ekspansi ke Trayek Lintas Batas Negara

DAMRI melihat potensi pengembangan trayek lintas batas negara Kupang–Dili untuk menjadi komersil.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  13:38 WIB
DAMRI Ekspansi ke Trayek Lintas Batas Negara
Bus Damri. - DAMRI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau DAMRI telah melakukan survei pengembangan trayek Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Kupang – Dili, Timor Leste hingga pengembangan trayek dalam negeri di Kupang.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI Sandry Pasambuna mengatakan uji coba rute ALBN terletak di Kefamenanu, kabupaten Timur Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga dilakukan bersama dengan Kementerian Perhubungan, Dinas Provinsi Nusa Tenggara Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Imigrasi

Tak hanya ALBN, dia juga melihat adanya potensi pengembangan trayek komersil untuk Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Survei tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil diskusi dengan Bupati Kupang Korinus Masneno.

Sandry mengungkapkan adapun trayek yang akan menjadi jalur komersial untuk DAMRI adalah Kupang (Bandara El-Tari) – Kefamenanu – Motaain dan Kupang – Kefamenanu - Wini Oekusi.

"Adanya trayek tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan memudahkan masyarakat melakukan mobilitas. Khususnya di jalur Kefamenanu – Wini masih menggunakan trayek penugasan atau perintis. Hal tersebut juga sejalan dengan program pemulihan sektor ekonomi masyarakat dan pariwisata, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No.23/2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (15/6/2021).

Pengoperasian jalur komersil DAMRI ini akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 Hingga saat ini, perusahaan tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur mengenai operasional jalur komersil tersebut.

“Dengan bantuan kendraan yang akan di kirim dari Pulau Jawa, dalam waktu dekat perusahaan akan segera melaunching trayek komersil tersebut," imbuhnya.

Sementara itu dengan akan hadirnya trayek ALBN Kupang - Kefamenanu - Dili ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem transportasi yang terintegrasi dengan moda transportasi massa lainnya.

Dinas Perhubungan Provinsi NTT mendukung penuh rencana pengembangan trayek ALBN DAMRI di Kupang dan Kefamenanu. Dukungan tersebut berupa percepatan proses perizinan dan pemanfaatan lahan atau lokasi untuk pengembangan tersebut.

Lebih lanjut, Sandry mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan ke depan akan ada pengembangan rute terbaru lainnya yang dilayani DAMRI. Namun sejauh ini hal tersebut masih dalam kajian. Sementara itu, Sandry juga mengapresiasi DAMRI Cabang Kupang dan Kefamenanu serta pihak-pihak lain yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

damri bus
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top