Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Bakal Bangun LRT di Bali, Pengamat Sarankan Ini

Pemerintah harus bisa memilih trase yang tepat mengingat kemungkinan penggunanya lebih banyak adalah pelancong.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  19:12 WIB
Kemenhub Bakal Bangun LRT di Bali, Pengamat Sarankan Ini
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal kereta LRT Jabodebek pada Rabu 9 Juni 2021 / Youtube Setpres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menanggapi rencana Kementerian Perhubungan yang bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun Light Rail Transit (LRT) di Bali.

Menurutnya, Korea Selatan memang menyukai proyek kereta api jarak pendek sehingga bila kerja sama ini terealisasi maka akan memberikan dampak yang bagus.

"Korea memang senangnya proyek KA yang jarak pendek, cepat pengembaliannya. Kalau Korea Selatan berminat, bagus sekali," katanya kepada Bisnis.com, Senin (14/6/2021).

Djoko menyebut lintasan tersebut memiliki potensi penumpang yang cukup besar terutama saat situasi normal sebelum pandemi. Karena itu, dia menilai pemerintah harus bisa memilih trase yang tepat mengingat kemungkinan penggunanya lebih banyak adalah pelancong.

Sebelumnya terkait dengan rencana pembangunan LRT Jabodetabek, dia juga meminta agar pemerintah jangan mengulangi kesalahan di Palembang yang dinilai minim masa uji coba.

"Jangan diabaikan akses ke setiap stasiun yang belum selesai dibangun. Harus segera membangun akses jaringan jalan menuju ke setiap stasiun yang berada di luar Kota Jakarta," sebutnya.

Selain itu dia juga meminta pemerintah menyediakan angkutan penghubung antara kawasan pemukiman ke stasiun terdekat. Menurutnya adanya jaringan transportasi umum dan integrasi moda di sepanjang koridor LRT Jabodebek sangat penting dan PT KAI (Persero) sudah melakukan kajian tersebut pada 2020.

Sebagai informasi, Kemenhub tengah membahas peluang kerja sama pembangunan infrastruktur LRT di Bali dan MRT Jakarta fase 4 rute Fatmawati – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan Korea Selatan.

Rencana tersebut dibahas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pertemuan bilateral dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Tae Sung Park, Kamis (14/6/2021).

“Hari ini saya melakukan pertemuan dengan Dubes Korsel untuk Indonesia membahas peluang kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia, dan kami menyambut baik keinginan pihak Korsel untuk terlibat dalam pembangunan kereta api di Bali dan Jakarta,” ujarnya.

Adapun, Pemprov Bali telah bekerjasama dengan Korsel melalui Korea National Railway untuk menyusun kajian prastudi kelayakan (Pre Feasibility Study) terkait rencana pembangunan LRT rute Bandara Ngurah Rai – Seminyak sepanjang 9,46 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali korea selatan LRT
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top