Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Konversi BBM ke Listrik Akan Jadi Fokus Pemerintah

Indonesia mendorong konversi energi seiring dengan tuntutan dunia saat ini yang menuju ke arah energi yang lebih bersih.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  17:41 WIB
Siswa memasang panel surya di atas gedung SMK Prakarya Internasional, Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018). - JIBI/Rachman
Siswa memasang panel surya di atas gedung SMK Prakarya Internasional, Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/5/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah bakal menjalankan fokusnya untuk program konversi energi dari bahan bakar minyak ke energi listrik untuk memenuhi kebutuhannya pada masa depan.

Ketua Harian Dewan Energi Nasional, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan Indonesia mendorong konversi energi seiring dengan tuntutan dunia saat ini yang menuju ke arah energi yang lebih bersih.

Hingga saat ini Indonesia masih bertumpu pada energi yang berasal dari karbon, mengingat sumbernya yang cukup besar dan murah. Namun, sumber energi tersebut telah mendapatkan sejumlah tantangan dengan adanya penetapan pajak karbon.

"Konversi dari BBM ke listrik ini suatu program yang memang harus secara sungguh-sungguh untuk bisa kita susun dan laksanakan," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (14/6/2021).

Arifin mengatakan bahwa secara nasional capaian bauran energi nasional masih jauh dari target. Menurut dia, konsistensi antara perencanaan dan realisasinya masih sangat perlu diperhatikan.

Adapun, energi baru dan terbarukan terus digenjot untuk bisa memberikan energi yang lebih bersih untuk Indonesia melalui strategi pengembangan peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dan penguasaan teknologi, meningkatkan SDM yang andal dan kompeten, serta peningkatan keekonomian biaya diikuti dengan dukungan kerangka regulasi yang lebih efektif.

"Bagaimana kendaraan listrik bisa jalan tadi berupa insentif pajak, dan kompor listrik, karena dihasilkan sumber dari dalam negeri kita tidak impor baik BBM atau pun crude itu perlu diprioritaskan dengan roadmap yang terukur ke depannya," tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan bakar minyak Energi Bersih Terbarukan
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top