Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP I: 9 Persen Penumpang Pesawat Pakai Tes GeNose

PT Angkasa Pura I mencatat sebanyak 9 persen dari total penumpang pesawat menggunakan alat deteksi GeNose.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  16:52 WIB
Seorang calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang tengah menjalani pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan peralatan GeNose C19, Rabu (28/4/2021). - Humas PT AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Seorang calon penumpang pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang tengah menjalani pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan peralatan GeNose C19, Rabu (28/4/2021). - Humas PT AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mencatat sebanyak 98.827 penumpang di 15 bandara kelolaannya telah menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Jumlah tersebut merupakan 9 persen dari total jumlah penumpang yang berangkat yakni sebanyak 1.244.410 penumpang.

"Sejak Mei 2021, seluruh bandara kelolaan Angkasa Pura I telah dilengkapi layanan GeNose C19. Adapun dari 1 Mei hingga 5 Juni 2021, total penumpang yang menggunakan layanan GeNose C19 di 15 bandara yang kami kelola yaitu 98.827 penumpang," kata VP Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan kepada Bisnis.com, Senin (7/6/2021).

Handy menjelaskan AP I telah menyiapkan sebanyak 72 mesin GeNose C19 dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada calon penumpang. Layanan ini juga sekaligus melengkapi layanan tes Covid-19 di bandara selain rapid test antigen sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan udara.

"Diharapkan dengan adanya berbagai pilihan layanan tes Covid-19 tersebut semakin memudahkan calon penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru," imbuhnya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI juga telah menghadirkan layanan pemeriksaan GeNose C19 di 63 stasiun. Hingga 5 Juni 2021, sebanyak 1.474.289 orang pelanggan telah menggunakan layanan tersebut.

"Sampai dengan Sabtu [5/6/2021], KAI telah melayani 1.474.289 peserta layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Joni menyebut saat ini layanan deteksi Covid-19 buatan anak bangsa tersebut telah tersebar di 63 stasiun, di antaranya Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikampek, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Haurgeulis, Brebes, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Kebumen, Gombong, Sidareja.

Kemudian layanan yang dibanderol harga Rp30.000 itu juga ada di Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Purwosari, Klaten, Wates, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Bojonegoro, Jember, Ketapang, Probolinggo, Kalisetail, Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Tanjung Balai, Rantau Prapat, Kertapati, Prabumulih, Tebingtinggi, Lahat, Muara Enim, Lubuklinggau, Tanjungkarang, Kotabumi, Baturaja, dan Martapura.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top