Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Tambah Pasokan Listrik 171 Megawatt untuk Jakarta

PLTGU Muara Karang merupakan salah satu pembangkit dengan bahan bakar gas yang dikerjakan oleh PLN dan memiliki efisiensi yang tinggi dengan pemakaian gas sekitar 81,92 BBTUD.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  17:11 WIB
Petugas bersiap di area Onshore Receiving Facility (ORF) Muara Karang Jakarta, Senin (11/9). PT Nusantara Regas, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. membangun Meter Gas Muara Karang Peaker untuk optimalisasi pasokan ke pembangkit baru PJB Muara Karang Peaker 500 MW. - JIBI/Dwi Prasetya
Petugas bersiap di area Onshore Receiving Facility (ORF) Muara Karang Jakarta, Senin (11/9). PT Nusantara Regas, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. membangun Meter Gas Muara Karang Peaker untuk optimalisasi pasokan ke pembangkit baru PJB Muara Karang Peaker 500 MW. - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah melakukan operasi secara komersial steam turbine unit ketiga pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Muara Karang untuk meningkatkan keandalan listrik di Jakarta.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat Ratnasari Sjamsuddin mengatakan perseroan menambah pasokan listrik sebesar 171 megawatt ke wilayah Ibu Kota Negara tersebut.

"Energi listrik tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di Jakarta dan sekitarnya,” kata Ratnasari, dikutip dari Antara, Minggu (6/6/2021).

Total investasi yang dihabiskan perusahaan listrik negara untuk pembangunan unit tiga PLTGU Muara Karang mencapai Rp3,5 triliun.

Pengoperasian pembangkit listrik tersebut merupakan wujud kesiapan PLN dalam memberikan tambahan pasokan energi listrik untuk masyarakat dan industri.

Ratnasari menambahkan penyelesaian proyek PLTGU Muara Karang akan memberikan manfaat besar bagi ketersediaan pasokan listrik dan keandalan sistem Jawa – Bali, khususnya bagi wilayah Jakarta.

“Pembangkit ini akan digunakan untuk mendukung berbagai infrastruktur yang ada dan tengah dikembangkan, seperti MRT, LRT, perluasan Bandara Soekarno Hatta, serta pusat bisnis, ekonomi, dan perkantoran,” ujarnya.

PLTGU Muara Karang merupakan salah satu pembangkit dengan bahan bakar gas yang dikerjakan oleh PLN dan memiliki efisiensi yang tinggi dengan pemakaian gas sekitar 81,92 BBTUD untuk pengoperasian satu unit gas turbin pada beban 343 megawatt.

Selanjutnya gas buang tersebut dimanfaatkan kembali untuk memanaskan air untuk menghasilkan uap yang akan menggerakkan steam turbin berkapasitas 171 megawatt.

Pembangkit listrik itu terletak di daerah utara Jakarta dengan lahan seluas lebih kurang 3,75 hektare dengan keseluruhan produksi daya mencapai 514 megawatt.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN pltu muara karang

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top