Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIF Rambah Pembiayaan Proyek Perkeretaapian

Perjanjian itu memuat pemberian fasilitas pinjaman sindikasi untuk pengembangan jalur kereta api Makassar—Parepare sepanjang 142 kilometer.
Proyek rel kereta api. /Bisnis.com
Proyek rel kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indonesia Infrastructure Finance atau IIF memperluas portofolionya melalui pembiayaan proyek rel kereta api di Sulawesi.

IIF bersama dua institusi keuangan lainnya menandatangani perjanjian fasilitas dengan PT Celebes Railway Indonesia sebagai badan usaha pelaksana (BUP) pengembangan proyek jalur kereta api di Makassar—Parepare.

Perjanjian itu sendiri memuat pemberian fasilitas pinjaman sindikasi untuk pengembangan jalur kereta api Makassar—Parepare sepanjang 142 kilometer yang juga menjadi bagian dari jaringan kereta api Nasional Trans-Sulawesi dan diharapkan mampu mendukung peningkatan dan distribusi pertumbuhan ekonomi.

Bagi IIF, proyek tersebut merupakan portofolio pertama perusahaan di sektor kereta api dan transportasi massal. Perjanjian itu juga merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan kepada Grup PTPP.

Reynaldi Hermansjah, Presiden Direktur IIF, mengatakan bahwa kereta api merupakan salah satu angkutan massal untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap transportasi umum. Pasalnya, kereta api dapat mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah banyak dengan waktu tempuh yang relatif singkat tanpa ada hambatan di sepanjang jalur rel.

“Moda seperti ini saat ini sangat diperlukan dalam mendukung mobilisasi masyarakat dan arus barang. Mengemban mandat sebagai katalisator dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan, IIF senantiasa mendukung untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” katanya.

Selain itu, proyek jalur kereta api Makassar—Parepare itu juga telah mendapatkan jaminan pemerintah melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Dalam proyek itu, perusahaan akan menunjukkan kemampuannya mengimplementasikan prinsip-prinsip sosial dan lingkungan dengan kerja sama dalam sindikasi pembiayaan proyek perkeretaapian.

Sebelumnya, IIF telah memberikan fasilitas pinjaman kepada salah satu grup PTPP, yakni PT PP Krakatau Tirta yang bergerak di bidang sistem penyediaan air minum.

Dalam perjanjian itu, IIF akan memberikan nilai tambah pada proyek melalui penerapan aspek sosial dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper