Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Larangan Mudik, Rerata Jumlah Penumpang Pesawat Mirip Hari Normal

PT Angkasa Pura I mencatat rerata jumlah penumpang harian pesawat pada masa larangan mudik ternyata sama dengan hari normal pada tahun ini.
Bandara Ahmad Yani Semarang. /Bisnis.com
Bandara Ahmad Yani Semarang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I mencatat pergerakan jumlah penumpang pada periode larangan mudik (6 Mei 2021 - 17 Mei 2021) setara dengan jumlah pergerakan rata-rata penumpang harian pada 2021.

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan menjelaskan pada periode larangan mudik terdapat total sebanyak 74.878 pergerakan penumpang. Jumlah tersebut setara dengan rata-rata trafik penumpang harian pada 2021 (periode 1 Januari hingga 5 Mei 2021) yang sebesar 74.589 penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat pada masa peniadaan mudik sebesar 2.556 pergerakan pesawat dan trafik kargo sebesar 8,63 juta kg.

"Pergerakan penumpang tertinggi pada masa peniadaan mudik tersebut terdapat di Bandara Juanda Surabaya dengan sebesar 17.149 pergerakan penumpang. Trafik penumpang tertinggi kedua terdapat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan sebesar 12.901 pergerakan penumpang," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (19/5/2021).

Selanjutnya, pergerakan penumpang tertinggi ketiga terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan trafik sebesar 12.315 pergerakan penumpang.

Perseroan memastikan bahwa kegiatan operasional di 15 bandaranya pada masa peniadaan mudik lalu telah sesuai dengan prosedur transportasi pada masa peniadaan mudik seperti yang tertuang pada PM 13/2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idulfitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, di mana hanya penerbangan yang dikecualikan yang dapat dilakukan

Adapun setelah masa peniadaan mudik berakhir, maka mulai Selasa (18/5/2021) lalu, sebanyak 11 bandara AP I juga kembali melakukan penyesuaian waktu operasional yang pada masa peniadaaan mudik sebelumnya sempat dikurangi, sehingga waktu operasional kembali lebih panjang.

Penyesuaian waktu operasional tersebut mengembalikan trafik penerbangan seperti sebelum masa peniadaan mudik. Pada Selasa 18 Mei, trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 107.104 pergerakan penumpang, naik dari 8.782 penumpang pada Senin 17 Mei 2021. Angka trafik penumpang pada 18 Mei yang sebesar 107.104 penumpang tersebut di atas rata-rata trafik penumpang harian pada 2021 (periode 1 Januari - 5 Mei 2021) yang sebesar 74.589 pergerakan penumpang.

"Pascamasa peniadaan mudik, trafik penumpang pesawat udara kembali seperti sebelum masa peniadaan mudik. Angkasa Pura I senantiasa mengoptimalkan dan memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat pada tiap titik layanan di bandara dan melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap dokumen persyaratan penerbangan yang dimiliki penumpang," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper