Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semikonduktor Langka, Apple Tetap Siapkan MacBook Pro dan MacBook Air Teranyar

Rencana perilisan ini diungkap meskipun perusahaan tengah bergulat dengan kelangkaan chip semikonduktor yang menyebabkan penundaan pengiriman produk Ipad Pro ke konsumen.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  18:10 WIB
Repro - Apple.com
Repro - Apple.com

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc. sedang bersiap untuk merilis beberapa laptop dan desktop Mac dengan prosesor yang lebih cepat, desain baru, dan konektivitas yang ditingkatkan ke perangkat eksternal, mempercepat upaya untuk beralih dari chip Intel Corp.

Rencana perilisan ini diungkap meskipun perusahaan tengah bergulat dengan kelangkaan chip semikonduktor yang menyebabkan penundaan pengiriman produk Ipad Pro ke konsumen.

Dilansir Bloomberg, Rabu (19/5/2021), menurut sumber yang dekat dengan masalah ini, perombakan tersebut mencakup berbagai macam Mac, termasuk laptop kelas atas Apple, MacBook Pro; laptop yang ditujukan untuk pasar massal, MacBook Air; dan komputer desktopnya, Mac Pro, iMac, dan Mac mini.

MacBook Pro yang didesain ulang diharapkan untuk debut segera pada awal musim panas ini, diikuti oleh MacBook Air yang diubah, MacBook Pro kelas bawah baru dan workstation Mac Pro baru. Perusahaan ini juga mengerjakan desktop Mac mini kelas atas dan iMac yang lebih besar. Mesin akan menampilkan prosesor rancangan sendiri yang akan jauh melebihi kinerja dan kemampuan chip M1 saat ini.

Seorang juru bicara Apple menolak berkomentar.

Selain itu, Apple juga berencana untuk meluncurkan MacBook Pro yang didesain ulang dalam ukuran 14 inci (nama kode J314) dan layar 16 inci (J316). Keduanya akan memiliki sasis yang didesain ulang, pengisi daya MagSafe magnetis, dan lebih banyak port untuk menghubungkan drive dan perangkat eksternal.

Apple juga menghadirkan kembali port HDMI dan slot kartu SD, yang telah terpasang di versi sebelumnya, memicu kritik dari fotografer dan sejenisnya. Adapun iMac 24 inci baru akan tersedia di toko-toko pada 21 Mei.

Sementara itu, pengiriman PC melonjak 32 persen pada kuartal pertama, pertumbuhan year-on-year tercepat sejak 2000. Apple adalah penjual utama keempat dengan 15 persen pasar AS, meningkat dari 12 persen pada kuartal tahun sebelumnya, dan 8 persen secara global.

Lini produk Mac telah menjadi kontributor yang berkembang bagi pendapatan perusahaan, menghasilkan US$ 9,1 miliar pada kuartal pertama tahun ini, atau 10 persen dari total penjualan.

Pada musim gugur lalu, Apple mulai mengganti prosesor Intel dengan chip M1, berdasarkan teknologi yang sama di iPhone dan iPad. Chip baru itu menggunakan lebih sedikit daya.

Untuk MacBook Pro baru, Apple merencanakan dua chip berbeda, dengan nama kode Jade C-Chop dan Jade C-Die. Keduanya menyertakan delapan core berperforma tinggi dan dua core hemat energi dengan total 10, tetapi akan ditawarkan dalam 16 core atau 32 variasi inti grafis.

Core berperforma tinggi bekerja untuk pekerjaan yang lebih kompleks, sedangkan core hemat energi beroperasi pada kecepatan yang lebih lambat untuk kebutuhan yang lebih mendasar seperti penjelajahan web, menghemat masa pakai baterai. Chip baru ini berbeda dari desain M1, yang memiliki empat core berperforma tinggi, empat core hemat energi, dan delapan core grafis di MacBook Pro 13 inci saat ini.

Selain itu, Apple juga telah mengerjakan versi Mac mini yang lebih kuat (nama kode J374) dengan chip yang sama dengan MacBook Pro berikutnya. Ini diharapkan memiliki empat port versus pasangan yang tersedia pada versi low-end saat ini dan duduk di atas Mac Mini M1 level awal saat ini.

Apple dapat menunda atau membatalkan peluncuran mini baru - seperti yang terjadi di masa lalu - tetapi pada akhirnya perusahaan kemungkinan akan mengganti versi yang dilengkapi Intel yang sekarang dijualnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple inc macbook pro apple retina
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top