Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Tebar 11 Posko Antigen Gratis buat Pengguna Roda 2 di Jabar, Ini Lokasinya

Kemenhub telah menyiapkan tes antigen gratis bagi masyarakat khusus pengguna sepeda motor yang belum memiliki bukti bebas Covid-19 yang melintas di UPPKB Balonggandu, Karawang.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  10:37 WIB
Petugas kesehatan melakukan tes rapid antigen ke pemudik di posko penyekatan arus balik mudik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021). Pemerintah Kabupaten Bekasi menyediakan 2.000 alat tes rapid antigen dan 450 ruang isolasi untuk pemudik yang positif Covid-19.  - ANTARA
Petugas kesehatan melakukan tes rapid antigen ke pemudik di posko penyekatan arus balik mudik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021). Pemerintah Kabupaten Bekasi menyediakan 2.000 alat tes rapid antigen dan 450 ruang isolasi untuk pemudik yang positif Covid-19. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi arus balik Lebaran sudah akan dimulai pada Sabtu (15/5/2021) dengan puncaknya pada hari ini, 16 Mei 2021.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenhub telah menyiapkan tes antigen gratis bagi masyarakat khusus pengguna roda dua atau sepeda motor yang belum memiliki bukti bebas Covid-19 yang melintas di UPPKB Balonggandu, Karawang.

Menurutnya hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memperketat pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah.

Secara keseluruhan dia memerinci ada 11 titik di Jawa Barat yang akan didirikan posko pemeriksaan tes Rapid Antigen yakni:

1. Posko Nagreg : lingkar Nagreg barat
2. Posko Cileunyi : exit tol Cileunyi
3. Posko Cikopo : Cikopo
4. Posko Cirebon : exit tol Ciperna
5. Posko Karawang : Tanjung Pura
6. Posko Banjar : Cijolang
7. Posko Sukabumi : Cibolang
8. Lohbener Indramayu
9. UPPKB Balonggandu
10. Puncak Pass Cianjur
11. Posko Susukan Cirebon


Posko tes acak ini, sambungnya, merupakan hasil sinergi antar instansi seperti Kementerian Kesehatan, Kepolisian, dan TNI. Khusus untuk di UPPKB Balonggandu ditangani oleh tim Ditjen Perhubungan Darat di mana pemeriksaan acak rapid test antigen dilakukan kepada masyarakat pengendara sepeda motor.

“Ini random check karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas Covid-19 maupun Kementerian Kesehatan harus dibagi agar merata. Walaupun dilakukan random sampling namun kita harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat Denny Michels Adlan menyebut konsentrasi untuk arus balik difokuskan pada daerah perbatasan Jawa Tengah ke Jawa Barat.

Titik pemeriksaan lanjutnya, juga ada di daerah Cijolang, Banjar namun hanya sebatas pemeriksaan surat- surat dan bila dimungkinkan akan ada tes GeNose C19.

"Nanti kita lihat situasinya seperti apa kalau memang bisa ditambah jumlah test antigennya nanti kita laksanakan juga,” sebutnya.

Sebagai informasi, Kemenhub juga memastikan ada 21 rest area termasuk gerbang tol utama dari Surabaya sampai Jakarta yang sudah didirikan pos seperti di Balonggandu. Selain di UPPKB Balonggandu, pemantauan juga dilakukan di Rest Area Km 62 B, dan Pos Penyekatan Km 47 B Tol Jakarta-Cikampek, arah Jakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor Kemenhub Arus Balik Covid-19
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top