Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik ke Jabotabek Dimulai, Ini Langkah-langkah Jasa Marga

Memasuki arus balik ke Jakarta dan sekitarnya, Jasa Marga mendukung penuh pelaksanaan posko penyekatan kendaraan arah Jabotabek di KM 47B Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta.
Proses Pemeriksaan dokumen perjalanan di ruas jalan tol yang dikelola jasa Marga menuju arah Jakarta dengan dimulainya arus balik pada Sabtu (15/5/2021)./Istimewa
Proses Pemeriksaan dokumen perjalanan di ruas jalan tol yang dikelola jasa Marga menuju arah Jakarta dengan dimulainya arus balik pada Sabtu (15/5/2021)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama Kepolisian dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan pelaksanaan pengendalian transportasi di jalan tol, memasuki periode arus kendaraan kembali ke Jabotabek mulai Sabtu (15/5/2021).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan Jasa Marga mendukung penuh pelaksanaan posko penyekatan kendaraan arah Jabotabek di KM 47B Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta.

Di titik tersebut, menurut dia melalui keterangan tertulis pada Sabtu, pihak Kepolisian akan memeriksa dokumen perjalanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dia mengutarakan untuk titik penyekatan di KM 31A dan KM 46+500A Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Cikampek sudah dihentikan.

“Sesuai dengan diskresi Kepolisian, mulai Sabtu titik penyekatan fokus untuk kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek. Jasa Marga mendukung penyediaan lokasi, penempatan petugas untuk mengatur lalu lintas, hingga penempatan rambu-rambu agar kegiatan ini berjalan lancar,” kata Heru.

Dengan adanya diskresi ini, tambahnya, akses Jalan Layang Jakarta–Cikampek yang sebelumnya ditutup total di kedua arahnya sejak 6 Mei 2021, dibuka kembali untuk kendaraan yang menuju Cikampek sejak 14 Mei pukul 20.00 WIB. Jadi, pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 dari arah Rorotan, Jatiasih, dan Cawang menuju Cikampek sudah bisa mengakses jalan layang tersebut.

Namun, untuk akses KM 48B Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta masih dilakukan penutupan sementara untuk mendukung penyekatan kendaraan kembali ke arah Jabotabek.

Selain itu, untuk menekan penyebaran penularan Covid-19, Jasa Marga bersama Satgas Covid-19 daerah juga mendukung pelaksanaan random check antigen di sejumlah lokasi di jalan tol.

Proses screening dilakukan secara random dengan rapid test antigen untuk kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah aglomerasi.

Dalam hal ini, Jasa Marga menyediakan lokasi dan kelengkapan posko serta berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas. Sementara itu, untuk peralatan tes, petugas medis hingga ambulans disediakan oleh Satgas Covid-19 daerah atau Dinas Kesehatan setempat.

Jika pengguna jalan terindikasi positif Covid-19, akan diamankan oleh satgas Covid-19 daerah dengan ambulans ke rumah sakit rujukan, sesuai dengan standar operasional prosedur Satgas Covid-19 daerah.

Lokasi rapid test antigen adalah di Jalan Tol Jasa Marga Group di antaranya KM 47B Jalan Tol Jakarta–Cikampek, rest area KM 38B jalan tol ruas Jagorawi, rest area KM 149B dan Km 125B ruas Padaleunyi, rest area KM 97B dan KM 72B ruas Cipularang, Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan rest area KM 360B ruas Batang–Semarang, serta GT Ngawi dan rest area KM 519B ruas Solo–Ngawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper