Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AS dan Uni Eropa Cari Cara Hentikan Retalisasi Tarif Logam

Menurut sumber Bloomberg, resolusi yang tercapai antara AS dan UE akan diumumkan secepatnya pada Senin (16/5/2021).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 15 Mei 2021  |  12:59 WIB
Bendera Uni Eropa - Reuters
Bendera Uni Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat bakal mengumumkan kesepakatan yang dicapai terkait konflik tarif logam dengan Uni Eropa. Kesempatan untuk penghapusan tarif baja dan aluminium yang dikenakan AS pada 2018 terhadap UE pun terbuka.

Seorang sumber Bloomberg yang mengerti jalannya diskusi, resolusi yang tercapai antara AS dan UE akan diumumkan secepatnya pada Senin (16/5/2021).

Adapun, konflik antara AS dan UE dimulai pada 2018 ketika Donald Trump menjabat presiden AS. Kala itu, pemerintahan Trump mengenakan pajak untuk impor baja dan aluminium asal Eropa, Asia, dan negara-negara yang dipandang mengancam keamanan nasional Negeri Paman Sam.

Ketika mendapatkan tarif baja dan aluminium itu, UE tidak tinggal diam dan melakukan retaliasi. Rencananya, UE akan menggandakan tarif untuk produk impor asal AS, termasuk wiski Bourbon, mulai 1 Juni menjadi 50 persen.

“Di bawah Pemerintahan Presiden AS Joe Biden, UE akan membatalkan rencana menaikkan tarif-tarif itu dan kedua belah pihak bakal berdialog mengenai kapasitas baja yang berlebih,” kata sumber itu, seperti dikutip Bloomberg pada Sabtu (15/5/2021).

Sebelumnya, Uni Eropa sudah mengajukan untuk menahan dulu seluruh tarif untuk setiap produk impor asal AS selama enam bulan atau selama masa negosiasi berlangsung.
Sumber tadi mengungkapkan para perunding dari kedua belah pihak saat ini terus mencari jalan keluar dari konflik tarif tersebut. Namun, penghapusan tarif belum cukup siap dilakukan saat ini.

Juru bicara dari Perwakilan Perdagangan AS dan Departemen Perdagangan AS tidak merespons ketika diminta konfirmasi.

Namun, Gedung Putih sudah mengumumkan bahwa Presiden AS Joe Biden akan berpartisipasi dalam KTT AS—UE di Brussels, Belgia, bulan depan. Pertemuan itu akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Biden sebagai presiden.

“Biden dan mitra Eropa akan berdiskusi mengenai kerjasama dagang,” tulis Gedung Putih.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uni eropa amerika serikat tarif impor

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top