Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Larangan Mudik, Lion Air Group: 90 Persen Pesawat Tidak Terbang!

Lion Air Group memastikan secara rata-rata sebanyak 90 persen unit pesawat yang dimiliki tidak terbang pada masa larangan mudik 2021.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  06:17 WIB
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lion Air Group mencatat sekitar 90 persen unit pesawat yang dimiliki tidak terbang pada masa larangan mudik 2021 dalam upaya menekan penyebaran virus Covid-19.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang M. Prihantoro mengatakan maskapai mengoperasikan penerbangan sewa (charter) untuk layanan pengangkutan kargo dan penumpang khusus secara grup.

"Situasi tersebut, rata-rata 90 persen pesawat udara Lion Air Group tidak diterbangkan," kata Danang dalam siaran pers, Selasa (11/5/2021).

Kendati demikian, Lion Air Group mempersiapkan semua armada, yang akan dioperasikan menurut kebutuhan, terdiri atas tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500 dan ATR 72-600.

Dalam kondisi masa waspada pandemi Covid-19, Lion Air Group secara konsisten (terstruktur dan terjadwal) menjalankan semua pemeliharaan, pengecekan pesawat udara menurut program perawatan (approved maintenance program) secara berjadwal (schedule maintenance) dan tidak berjadwal (unscheduled maintenance).

Danang memastikan pelaksanaan tersebut menjadi bagian kesungguhan dalam mewujudkan operasional penerbangan, memastikan setiap pesawat kondisi prima, aman dan laik terbang (airworthiness) serta sejalan untuk merencanakan dengan tepat persiapan penerbangan (preparation ready for flight).

Dengan demikian, Lion Air Group memanfaatkan dan mengoptimalkan dalam perawatan dan pemeliharaan pesawat udara dengan tatap fokus pada fase pengerjaan pengecekan dan pemeliharaan komponen pesawat, sterilisasi pesawat, kebersihan pesawat dan peralatan pendukung, hingga pengecekan pesawat cadangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lion air maskapai penerbangan Larangan Mudik Lebaran
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top