Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PUPR Tinjau Penyekatan Mudik Lebaran di 3 Provinsi Ini

Pemerintah mencatat jumlah pemudik jalur darat anjlok 80-90 persen akibat peniadaan mudik tahun ini.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  13:49 WIB
Penyekatan GT Tol Cikarang Barat karena larangan mudik Lebaran mulai Kamis (6/5/2021)  -  TMC Polda Metro Jaya
Penyekatan GT Tol Cikarang Barat karena larangan mudik Lebaran mulai Kamis (6/5/2021) - TMC Polda Metro Jaya

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan peninjauan penyekatan Mudik Lebaran tahun ini di 3 lokasi, yakni Lampung, Banten, dan Jawa Tengah.

Pada Minggu (9/5/2021), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau langsung penyekatan Mudik Lebaran 2021 di Gerbang Tol (GT) Pejagan.

Basuki mengatakan fungsi jalan tol pada masa Mudik Lebaran 2021 ditujukan sebagai jalur logistik. Menurutnya, hal tersebut penting untuk mnjaga kelancaran produksi dan distribusi kebutuhan pokok serta layanan kesehatan dalam mencegah penyebaran Coviid-19.

“Kami memastikan kemantapan pada jalan tol dan jalan nasional yang baik, termasuk menjaga agar satu wilayah tidak terisolir karena jalan dan jembatan putus,” katanya dalam keterangan resemi yang dikutip Senin (10/5/2021).

Kementerian Perhubungan mencatat jumlah pemudik jalur darat anjlok 80-90 persen akibat peniadaan mudik tahun ini. Sementara itu, pemudik yang menggunakan transportasi umum merosot hingga 90 persen di setiap sektor.

Kementerian Perhubungan telah merilis aturan mengenai larangan mudik Lebaran 2021 pada bulan lalu. Dalam Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan No. PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Masa Idul Fitri 1442 H,tertulis larangan mudik berlaku pada 6 sampai 17 Mei 2021.

Ketua DPRI RI Puan Maharani mengatakan sinergitas dan koordinasi di lapangan terkait aturan peniadaan mudik antara pemangku kepentingan harus dijaga. Di samping itu, Puan meminta agar para petugas di lapangan melakukan penyekatan berlapis.

“Berlapis itu bukan berarti semakin ketat atau diperketat, tapi untuk pengaturan sehingga saat diperiksa antigen atau surat izin jalan itu tidak menumpuk sehingga menimbulkan kerusuhan, keribetan, atau bahkan kesimpangsiuran dan kebingungan masyarakat”, katanya.

Pada kesemaptan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa Kepolisian telah melakukan penyekatan dan penguatan terhadap protokol kesehatan di setiap titik-titik, namun akan dilakukan pemeriksaan tambahan bagi masyarakat yang lolos atau berhasil mudik di daerah masing-masing.

“Hal ini tentu membutuhkan pemahaman dan pengertian dari seluruh masyarakat bahwa apa yang kita lakukan ini adalah dalam rangka untuk menjaga kesehatan masyarakat semua,” ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran Kementerian PUPR
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top